Hari Libur Idul Fitri Tahun 2015

Meskipun bulan puasa masih beberapa minggu lagi, namun mencari tahu kapan libur nasional dan cuti bersama peringatan hari besar Idul Fitri tahun 2015  sangatlah penting. Pasalnya bagi beberapa pegawai khususnya PNS perlu membuat rencana lebih awal agar kegiatan pra dan pasca lebaran dapat berjalan dengan lancar.

Diperkirakan bulan puasa akan dimulai sekitar tanggal 17/18 Juni 2015. Selama puasa PNS tetap masuk seperti biasa. Bulan puasa bukan alasan untuk mengurangi nilai-nilai disiplin PNS. Dengan memperhatikan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2014 Nomor 3/SKB/MEN/V/2014 dan Nomor 02/SKB/MENPAN/V/2014 tentang kebijakan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2015 bahwa tanggal 17-18 Juli 2015 diperingati Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah dan 16, 20, dan 21 Juli 2015 merupakan cuti bersama di tahun 2015 ini.

Baca Juga : Cuti Bersama dan Libur Nasional 2016

Ketentuan cuti bersama di atas tidak berlaku bagi PNS guru dan dosen karena telah mendapat liburan menurut perundang-undangan pasal 8 PP Nomor 24 Tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri. Untuk unit kerja yang memiliki tugas memberi pelayanan langsung pada masyarakat seperti unit pelayanan kesehatan, air, listrik, kantor pajak, dan telekomunikasi diharapkan dapat mengatur penugasan pegawai selama hari libur nasional dan cuti bersama.libur Ideul Fitri 2015

Meskipun pegawai dalam posisi libur. Diharapkan setiap pimpinan instansi masih memberikan pengawasan terhadap gerak-gerik pegawainya. Apabila waktu yang dijadwalkan untuk libur dan cuti sudah habis, maka pegawai harus masuk sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jangan sampai banyak pegawai yang telat atau bahkan tidak masuk dengan alasan masih merayakan hari raya di luar kota. Setiap pegawai diharapkan mampu menyadari posisinya sebagai abdi negara yang siap menjadi panutan bagi masyarakat luas.

Adanya libur nasional dan cuti bersama bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai. Disiplin PNS perlu ditegakkan agar PNS tidak sesuka hati dalam menentukan waktu liburnya.

Setelah mengetahui jadwal libur nasional dan cuti bersama PNS dapat merencanakan kegiatan lebaran bersama keluarga. Bagi PNS yang hendak meramaikan arus mudik, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. menentukan lama berlibur

Menentukan lama berlibur sangat penting karena waktu yang diberikan pemerintah sangat terbatas. Jumlah keluarga yang cukup banyak, apalagi dengan jarak yang jauh hendaknya menjadi pertimbangan. Jangan sampai di saat waktu dinas sudah datang justru pegawai masih berada di luar kota.

2. memperkirakan lama perjalanan dan jalur mana yang akan diambil

Lama perjalanan dan kemungkinan kemacetan menjadi pertimbangan kapan PNS harus berangkat dan kembali ke tempat kerja. Pemilihan jalur non macet sangat penting untuk didiskusikan. Pasalnya selama ini momen lebaran sangat identik dengan kemacetan panjang. Maka memilih beberapa jalan alternatif dapat dijadikan solusi.

3. mengecek kondisi kendaraan yang akan dipakai

Jika mudik akan dilakukan melalui jalur darat dengan kendaraan sendiri maka kondisi kendaraan harus dicek jauh-jauh hari. Kondisi mesin perlu cek agar tidak menghambat perjalanan.

4. membuat list barang-barang yang akan dibawa

Biasanya seseorang akan membawa banyak orang untuk oleh-oleh saudara di desa. Alangkah lebih baik jika memungkinkan barang-barang itu dibeli di dekat rumah saja agar tidak menjadi beban berat ketika menempuh perjalalanan. List barang bawaan juga diperlukan agar tidak ada barang yang ketinggalan.

Pastinya bayak rencana yang telah teman-teman PNS susun dalam menyambut lebaran 2015. Maka membuat rencana strategis di jauh-jauh hari sangat diperlukan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *