5 Tips Dalam Membelanjakan Gaji PNS

5 Tips Membelanjakan Gaji PNS – Tidak jarang pegawai salah dalam pengelolaan gaji bulanan mereka. Itulah sebabnya mengapa gaji bisa habis di pertengahan bulan. Beberapa dari mereka mungkin merasa bahwa gaji yang diterima dalam setiap bulan terlalu kecil dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan atau pengeluaran lainnya.

Padahal sebenarnya gaji yang Anda terima sudah lebih dari cukup, hanya saja pengelolaannya yang kurang tepat. Seringkali gaji habis dalam pertengahan bulan karena gaji banyak digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Sebelum hal ini menjadi bencana dalam keuangan Anda, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut.tips membelanjakan gaji pns

Cek gaji anda : Gaji PNS Tahun 2015

Situasi seperti ini tidak hanya dialami oleh kaum buruh yang gajinya hanya di kisaran UMR saja, namun situasi seperti ini juga sering dialami oleh para PNS, manajer, maupun pebisnis yang mempunyai gaji jauh di atas UMR. Pada intinya bukan seberapa besar penghasilan diperoleh, tapi lebih kepada bagaimana cara menggunakan atau membelanjakan penghasilan tersebut. Inilah prinsip dasar perencanaan keuangan yang berbeda-beda pada setiap orang.  Simak 5 Tips Membelanjakan Gaji PNS agar Anda bisa menyimpan gaji bulanan Anda.

Sedekah

Ketika menerima gaji, jangan lupakan untuk sedekah. Donasikan 2,5% dari gaji Anda untuk sedekah agar gaji yang Anda dapatkan bisa menjadi berkah. Sedekah diyakini dapat membuka pintu rezeki lain serta dapat menyelamatkan keuangan dalam satu bulan ke depan. Dengan sedekah, rezeki yang Anda dapatkan tidaklah berkurang dan justru akan semakin bertambah. Sedekah juga merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap apa yang sudah kita terima selama ini.

Menabung

Sisihkan 15% dari gaji untuk tabungan masa depan. Tabungan ini sifatnya wajib, sehingga Anda tidak boleh membelanjakan gaji yang Anda terima sebelum mengalokasikan 15% untuk ditabung. Uang tabungan akan sangat berguna di kemudian hari ketika Anda membutuhkan dana mendesak seperti sakit, kecelakaan, mengalami masa pensiun, PHK, dan lain sebagainya. Jangan tunggu akhir bulan untuk menabung ketika ada sisa pembelanjaan. Cara seperti ini tidaklah efektif dan akan membuat Anda tidak punya tabungan seumur hidup.

Investasi

Investasi bertujuan agar Anda tetap memiliki penghasilan meskipun Anda sudah tidak bekerja. Ada banyak sekali pilihan investasi, antara lain investasi dalam bentuk emas, tanah, reksadana, dan masih banyak lagi.

Asuransi

Asuransi adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Ingat bahwa segala kemungkinan buruk bisa terjadi pada diri kita. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu pilihlah perusahaan asuransi terpercaya yang bisa menjamin keselamatan Anda.

Operasional dan Hiburan

Ada banyak sekali biaya lain-lain yang harus diabayar. Oleh karena itu alokasikan gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Anda juga bisa mengalokasikan sebagian kecil dari gaji Anda untuk liburan agar pikiran Anda bisa segar kembali, sehingga tetap bersemangat dalam bekerja. Itulah 5 Tips Membelanjakan Gaji PNS , semoga informasi terseut bermanfaat bagi Anda.



No Responses to “5 Tips Dalam Membelanjakan Gaji PNS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *