6 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Berkarir di PNS

PNS, sebuah pekerjaan yang diimpikan banyak orang dan sekaligus mudah membuat iri ketika teman atau keluarga yang dimiliki berhasil mengalahkan ribuan orang untuk menduduki posisi prestige di instansi pemerintahan. Namun demikian, jika Anda tidak betul-betul matang berpikir tentang berbagai resiko PNS saat ingin menjadi PNS, bisa jadi yang Anda alami adalah dilema berkepanjangan yang membuat stres atau depresi. Oleh karena itu sebelum menjalani karir PNS, cobalah renungkan beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum berkarir di PNS seperti berikut.

pertimbangan sebelum menjadi PNS

Pola persaingan

Ketika Anda berniat menjadi PNS, ada satu hal yang harus Anda tanamkan dalam diri bahwa pola persaingan yang terjadi di lingkungan PNS akan sangat berbeda dengan lingkungan instansi swasta. Jika dalam instansi swasta ada kemungkinan Anda dituntut untuk bekerja lebih keras demi target yang ingin dicapai, di instansi pemerintah ada prosedur tersendiri yang memungkinkan persaingan antar pekerja tetap terjadi namun dalam skala yang minim. Oleh karena itu, Anda tidak boleh lengah apalagi tergiur untuk melakukan hal yang berada diluar prosedur, jika tidak ingin kinerja yang Anda tunjukkan pada atasan berakhir sia-sia.

Penempatan

Salah satu permasalahan yang umumnya membuat orang yang awalnya ingin menjadi PNS menyatakan mundur adalah masalah penempatan. Ketika Anda melihat lokasi penempatan formasi yang disediakan tidak sesuai dengan bayangan Anda, ada baiknya Anda memikirkan terlebih dahulu tentang kesiapan Anda terhadap konsekuensi yang ada. Dengan demikian, ketika Anda sudah diterima menjadi pegawai PNS, Anda tidak akan merasa terbebani atau kecewa di tengah jalan. Misalnya saja ketika Anda mendaftar CPNS, formasi yang tersedia untuk jenjang pendidikan Anda ada di Pulau Sulawesi, Anda harus memikirkan bagaimana nantinya transportasi di lokasi yang bersangkutan atau berbagai hal lain yang sekiranya akan tetap mendukung komunikasi Anda dengan keluarga. Sehingga pada saat Anda berangkat ke daerah penugasan, tidak akan ada beban lain yang memberatkan diri Anda.

Sistem kerja

Anda harus tahu bahwa sistem kerja PNS berbeda dengan sistem kerja pegawai swasta. Dalam hal ini, Anda pasti pernah mendengar bahwa sistem kerja PNS cenderung memiliki aturan kerja yang kaku dan tidak cukup fleksibel, sehingga kemungkinan setiap pegawai untuk mengembangkan idenya cukup terbatas. Oleh karena itu, jika Anda menganggap sistem kerja PNS tidak cocok untuk Anda mungkin lebih baik Anda berpikir ulang saat ingin menempuh tes, sebelum nantinya beban pekerjaan PNS membuat Anda tidak mampu berpikir dengan bijaksana.

Jenjang karir

Ketika Anda terjun ke dunia PNS, Anda perlu memahami bahwa sistem kenaikan jabatan atau jenjang karir yang ada di instansi pemerintah berbeda dengan instansi swasta. Jika di instansi swasta kemampuan seseorang benar-benar menjadi bekal untuk dirinya mampu menduduki posisi tertinggi, lain halnya dengan instansi pemerintah. Ada berbagai peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah yang tidak memungkinkan seorang pegawai baru di lingkungan PNS memegang jabatan penting segera setelah surat keputusan pengangkatannya dikeluarkan. Ada jeda waktu yang dibutuhkan seseorang untuk dapat menduduki posisi penting di instansi pemerintah, karena adanya angapan bahwa jeda waktu tersebut cukup membuktikan pengalaman yang bersangkutan untuk menduduki posisi penting.

Gaji

Masalah gaji adalah satu diantara sekian banyak masalah yang perlu Anda pikirkan ketika Anda berniat berkarir sebagai seorang PNS. Dalam hal ini Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin ikut dalam seleksi CPNS instansi pusat atau instansi daerah, karena pada saat ini ada peraturan otonomi yang memungkinkan gaji PNS di daerah satu berbeda dengan daerah lain, begitu pula tunjangan yang akan diterimanya. Terkait masalah gaji, Anda jangan beranggapan bahwa setiap PNS memiliki gaji yang rata-rata hampir sama di setiap instansi asalkan golongannya sama, karena pada kenyataannya gaji untuk setiap pegawai PNS akan disesuaikan dengan ragam beban kerja serta jenis instansi yang dimasuki.

Baca : Gaji PNS PP 30 Tahun 2015

Kegiatan setelah pensiun

Ketika Anda berniat menjadi PNS, satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum berkarir di PNS adalah kegiatan apa yang akan Anda lakukan saat pensiun nantinya. Karena gambaran tersebt sedikit banyak akan menjadi motivasi Anda dalam bekerja.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *