8 Alasan PNS Enggan Berkreativitas

PNS harus kreatifImprove yourself by self assessment. Ya, peningkatan kualitas diri memang perlu diawali dari penilaian terhadap diri sendiri. Tanpa adanya kesadaran untuk refleksi diri, kreativitas seorang PNS sulit meningkat. Hal seperti inilah yang mencoreng nama PNS di kalangan masyarakat. Banyak masyarakat beranggapan PNS adalah zona nyaman tak bermutu. Mengapa demikian?

Ibarat nila setitik rusak susu sebelanga. Karena ulah para PNS-PNS nakal, PNS yang rajin pun akan mengalami imbasnya sehingga tidak salah jika kedisiplinan PNS mulai diperketat. PNS tidak boleh bekerja sesuka hati. Sebagai pemegang amanah rakyat, PNS harus bertanggung jawab. PNS harus sadar bahwa mereka digaji dengan uang rakyat untuk melayani rakyat. Bukan malah memberikan pelayanan publik yang buruk kepada rakyat.

Menurut tim litbang wikipns.com ada delapan alasan PNS enggan berkreativitas.

1) Tidak memiliki tujuan hidup yang tergambar dengan jelas

Setiap tindakan didasari oleh tujuannya. Adapun tujuan dari tugas yang dilakukan PNS adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jika tujuan itu mulai berbelok. Misal, menjadi PNS hanya dianggap sebagai pekerjaan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. tentu kreativitas juga tidak akan muncul. Maka, tujuan menjadi PNS harus diperjelas lagi agar tidak ada masyarakat yang dikecewakan karena kinerja yang tidak baik.

2) Kurang motivasi untuk memobilisir kemampuan yang ada dalam dirinya

Ada kalanya seorang PNS ingin memperbaiki diri. Tapi karena kurangnya motivasi yang kuat. Keinginan untuk mengembangkan kreativitas akan terkubur begitu saja. Padahal andai keinginan itu sedikit saja diperkuat, diasumsikan tugas-tugas yang dilaksanakan pun akan lebih bermanfaat.

3) Enggan mengenali dirinya

Enggan mengenali diri adalah bagian yang sering sekali tidak disadari oleh sebagian besar PNS. PNS yang sadar akan mencoba bercermin atas kemampuan dirinya. Begitu pula PNS yang tidak sadar, akan bekerja sesuka hatinya.

4) Tidak dapat menerima kritik dan saran/feed back

Adanya supervisi baik personal maupun kelompok dalam dunia kerja adalah hal biasa. Yang luar biasa adalah ketika pasca disupervisi seorang pegawai mampu berubah lebih baik. Sayangnya, banyak pegawai senior yang merasa dirinya sudah paling benar karena memiliki masa kerja banyak. Sehingga ada rasa gengsi untuk menerima kritik dan saran dari orang lain.

5) Tidak mau ambil risiko/tidak berani tantangan

banyak pegawai yang tidak mau mengambil risiko atau tantangan di luar tugas kerja pokok. Misal melakukan penelitian. Padahal dengan melakukan beberapa kegiatan pengembangan diri seorang PNS akan bertambah wawasan dan keterampilannya. Selain itu, pola pikir seseorang juga dapat berubah setelah berani keluar dari zona nyamannya.

6) Kurang keyakinan diri

PNS di Indonesia merupakan sumber daya manusia terbaik yang dipilih untuk menjalankan negara ini. Dengan modal potensi ini, setiap pegawai dapat menjalankan amanahnya dengan baik. Namun banyak di antara pegawai yng tidak yakin akan kemampuan diri. Hal itu bisa dilatarbelakangi oleh faktor usia, sosial ekonomi, maupun pendidikan.

7) Sikap acuh tak acuh

Di era ini PNS tidak dapat acuh tak acuh. Dengan acuh PNS tidak bisa maju. Keacuhan seorang pegawai tentu akan mempengaruhi kreativitasnya.

8) Jalan pikir negatif

Malas repot adalah penyakit PNS yang menyebabkan kemunculan pemikiran-pemikiran negatif. banyak di antara PNS yang beranggapan apapun yang dilakukan tidak akan meningkatkan kualitas hidup karena “mas akerja” saja sudah cukup. Padahl untuk saat ini tidak demikian. Untuk pegawai yang tidak kreatif dan tidak mau maju akan sulit untuk naik pangkat golongan apalagi untuk mendapatkan jabatan struktural. Maka, jalan pikir negatif seperti ini sebenarnya dapat menghambat kreativitas yang seharusnya mampu berkembang.



2 Responses to “8 Alasan PNS Enggan Berkreativitas”
  1. Wied Efect June 15, 2015
  2. Basar November 15, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *