Alternatif Bisnis Sampingan PNS Secara Online Dan Offline

Setiap orang memerlukan pekerjaan untuk bisa menghidupi seluruh hidup dirinya dan keluarganya. Kesempatan tersebut bisa melalui dinas pemerintahan atau melalui perusahaan swasta. Jika Anda merupakan seorang pegawai negeri sipil atau PNS, mengapa tidak Anda coba untuk mencari kerja sambilan agar bisa menghasilkan tambahan selain gaji dan tunjangan PNS? Berikut kami akan memberikan alternatif bisnis sampingan untuk PNS tersebut.

Sebuah kerja sambilan bisa didapat melalui online atau secara offline. Banyak jenis kerja dari kedua jenis cara tersebut yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang memiliki waktu yang cukup luang sebagai PNS.

Dalam edisi kali ini kami akan membahas terlebih dahulu jalan alternatif kerja sambilan melalui proses offline. Hasilnya pun bisa dikatakan sangat besar jika Anda mampu mengatur waktu dan tenaga yang dimiliki. Berikut ini adalah rincian usaha atau kerja sambilan untuk PNS tersebut.

Agen jual beli dan sewa properti

Meski status Anda adalah seorang PNS, tidak ada salahnya jika mencoba menjadi seorang agen jual beli dan sewa properti. Ada banyak perusahaan agen properti yang memberikan kesempatan pada agennya untuk bisa menjadi agen freelance. Dengan kemudahan ini, maka pekerjaan sebagai PNS tidak akan terganggu oleh kerja sambilan Anda tersebut.

Kemudahan dalam transaksi jual beli properti yang fleksibel menjadikan Anda leluasa untuk menentukan waktu pertemuan. Dengan begitu Anda bisa menentukan waktu setelah jam kerja atau saat hari libur. Berikan penjelasan kepada konsumen atau klien bahwa Anda memiliki pekerjaan utama sebagai PNS yang terpatok oleh waktu. Supaya klien tidak lari dan mencari agen lain, berikan penjelasan tentang kelebihan dan kemudahan apabila melakukan transaksi dengan Anda. Dengan begitu para klien bisa mengerti dan mau menunggu waktu yang telah Anda tentukan.

Agen asuransi

Jika jual beli properti dirasa sulit, cobalah untuk menjadi agen asuransi. Manfaat menjadi agen asuransi adalah selain menjadi member dari asuransi tersebut, Anda juga bisa merekrut orang lain dan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Banyak para agen asuransi yang pekerjaan utamanya bukanlah sebagai agen asuransi murni. Melihat potensi pendapatan PNS yang lumayan, Anda bisa mencoba menawarkan dahulu kepada teman atau rekan kerja di kantor. Waktu istirahat pun bisa dijadikan untuk menjelaskan rincian produk asuransinya. Dengan demikian bisnis disamping jadi PNS tersebut tidak mengganggu aktivitas Anda sebagai abdi negara.

Pekerja industri rumahan

bisnis sampingan PNS

Bisnis Rumahan Untuk PNS

Jika status Anda masih sebagai PNS dengan golongan yang kecil dan berpenghasilan yang tidak terlalu besar, cobalah untuk ikut menjadi pegawai freelance di industri rumahan di sekitar tempat tinggal Anda. Jangan merasa malu meski status Anda sudah menjadi PNS. Jadikan pengalaman tersebut sebagai suatu ilmu agar kelak jika terkumpul modal yang cukup, Anda bisa membuka usaha yang serupa. Jadi hal tersebut selain untuk mendapatkan uang tambahan, ilmu usaha pun bisa didapatkan.

Pengajar di sekolah swasta

Jika Anda adalah seorang guru dengan status PNS, langkah yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan adalah dengan menjadi guru di sekolah swasta. Kurangnya guru yang minat dengan sekolah swasta yang berakreditasi biasa-biasa saja, menjadikan peluang tersebut masih terbuka lebar. Carilah sekolah yang tidak berbentrokkan dengan sekolah utama Anda. Mata pelajaran pun bisa disesuaikan dengan jurusan Anda di sekolah negeri. Jadi dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menghafal materi yang nanti akan disampaikan karena sudah hafal dalam ingatan.

Beberapa bisnis sampingan untuk PNS secara offline tersebut bisa coba Anda praktekkan. Jalani dengan penuh semangat dan pembawaan yang menyenangkan sehingga tidak akan menambah beban rasa lelah pada diri Anda. Untuk metode secara online, bisa dilihat di sini.



No Responses to “Alternatif Bisnis Sampingan PNS Secara Online Dan Offline”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *