Anda Bosan Jadi PNS?

Salah satu hal yang paling menarik dengan menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah adanya berbagai tunjangan yang didapatkan, mulai dari tunjangan keluarga, tunjagan beras, tunjangan kinerja, sertifikasi, hingga gaji atau tunjangan yang terus mengalir saat pensiun kelak. Semua hal tersebut bisa jadi faktor yang menjadikan banyak orang tertarik untuk menjadi seorang PNS, bahkan untuk mencapainya ada yang melakukan berbagai cara dan upaya, termasuk yang tidak disyahkan secara hukum dan kepantasan.

Baca Juga : Macam-macam Tunjangan PNS

Tapi ada sebuah pendapat yang dilontarkan oleh kebanyakan PNS, salah satunya adalah pemikiran bahwa mereka kadang merasa bosan jadi PNS disebabkan oleh rutinitas, kewajiban, tanggung jawab yang harus selalu dipenuhi hingga masa pensiunnya. Kalau sudah pensiun sih memang enak dan menyenangkan, tetapi proses hingga saat tersebut dirasa sangat panjang.

Bagi sebagian PNS yang lupa akan sumpah jabatan dan perjanjian kerja yang pernah diucapkannya, mungkin akan bekerja dan berkiprah dalam tugasnya dengan asal asalan dan tidak professional karena bosan jadi PNS menjadi pemikiran yang sempat terbersit di hatinya. Tapi ada juga yang tetap antusias, semangat, dan senantiasa melakukan kinerja terbaik selama masa tugasnya.

bosan jadi pns

Banyak Cara Mengusir Kebosanan

Berikut akan kami sajikan beberapa tips yang bisa Anda coba saat bosan jadi PNS. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan agar Anda tetap bekerja secara maksimal selama masa jabatan, serta bisa mengendalikan perasaan bosan yang hadir. Tips yang dimaksud antara lain :

Membuka usaha sampingan

Sebagai PNS, Anda akan ditugaskan pada pekerjaan dan tempat yang itu itu saja hingga beberapa tahun, atau hingga masa pensiun nanti. Tempat, rutinitas pekerjaan, rekan kerja, dan kesibukan yang harus dilakukan menjadi hal hal yang membosankan setelah kita melaluinya hingga beberapa tahun ke depan. Oleh karenanya, perasaan bosan jadi PNS pun akan muncul.

Sebab itu, untuk menyiasatinya Anda bisa membuka usaha sampingan di rumah ataupun yang bisa dikerjakan dimana pun. Untuk memilih jenis usaha yang cocok, Anda bisa mulai mempertimbangkan berdasarkan kesukaan atau minat yang dimiliki. Misal, apabila Anda menyukai motor klasik, maka bisa mencoba menjadi penjual spare part motor klasik. Misal Anda menyukai fotografi, maka bisa menjadi fotografer professional untuk berbagai acara yang kebanyakan diadakan di hari minggu. Mengenai masalah pemilihan jenis usaha ini, Andalah orang yang paling tahu mana yang lebih cocok untuk dipilih.

Ikut komunitas

Setiap orang pasti memiliki hobi masing masing, dan setiap hobi pasti ada komunitasnya masing masing. Anda yang merasa bosan jadi PNS bisa melakukan kegiatan refreshing atau penyegaran pikiran dengan mengikuti kegiatan yang sering diadakan oleh komunitas tertentu. Dengan menjadi anggota dari komunitas yang sesuai hobi, maka Anda akan melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kesukaan, tubuh dan pikiran Anda akan lebih segar lagi saat menempuh kembali rutinitas hariannya, yang secara tidak langsung akan menambah semangat dalam menjalankan tugas sebagai PNS.

Berinvestasi

Investasi adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang mengetahui nilai dan manfaat asset. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari logam mulia, invetasi uang, properti dan lain sebagainya. Anda yang memiliki gaji lebih yang lumayan, maka pergunakanlah hal tersebut untuk dijadikan asset investasi yang nilainya akan semakin tinggi seiring bergulirnya waktu.

Jadi walaupun gaji PNS terbilang standar, Anda tetap bisa menjadi seorang pensiunan dengan banyak asset yang berguna di masa tersebut, sehingga Anda menjadi orang tua yang mapan dan sejahtera.

Untuk pemilihan jenis investasi, saat ini ada program tabungan asuransi yang berbasis investasi. Anda yang bosan jadi PNS tetapi tidak ingin melepaskan kesempatan untuk menikmati pensiunan selepas masa bakti Anda, maka mulailah untuk mencoba mengikuti program ini. Program ini akan menjamin banyak hal, mulai dari tunjangan kesehatan, pertanggungan jiwa, dan nilai tunai investasi yang semakin hari semakin besar nilainya.

Berimprovisasi dalam pekerjaan

Anda yang merasa bosan jadi PNS dengan berbagai rutinitasnya bisa mencoba upaya terakhir ini, yakni dengan melakukan improvisasi dalam bidang pekerjaan Anda. Lakukan hal berbeda sesuai dengan yang Anda sukai dengan syarat tidak merubah hasil pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Improvisasi ini akan membuat Anda memiliki pengalaman yang berbeda setiap harinya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat bosan jadi PNS tanpa harus meninggalkan potensi dan keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila tetap menjadi PNS hingga akhir masa tugas atau jabatan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



2 Responses to “Anda Bosan Jadi PNS?”
  1. masyan May 18, 2015
    • wikipns May 26, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *