Apa Itu Cuti Alasan Penting?

Salah satu cuti yang jadi hak PNS adalah Cuti Alasan Penting. Apa sebenarnya cuti alasan penting dan dalam kasus apa saja seorang PNS dapat mengambilnya? Simak uraiang selengkapnya di bawah ini.

Dimana diatur kententuan cuti alasan penting?

Ketentuan yang mengatur cuti alasan penting ada di Bagian keenam pasal 22,23,24, dan 25 Peraturan Pemerintah nomor 24 Tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil. Yang dimaksud cuti alasan penting adalah cuti karena alasan yang dianggap penting yang menjadikan seseorang dipandang berhak untuk sementara waktu meninggalkan pekerjaannya. Sebab apa saja yang menjadikan PNS berhak mendapatkan cuti alasan penting?

  1. Ibu, Bapak, suami/isteri, anak, adik, kakak, mertua, atau menantu sakit keras atau meninggal dunia. Jadi misal yang meninggal kake/nenek atau cucu tidak bisa mengajukan cuti alasan penting.
  2. Salah seorang anggota keluarga yang disebutkan pada angka 1 meninggal dunia dan menurut ketentuan hukum yang berlaku PNS yang bersangkutan harus mengurus hak-hak anggota keluarga yang meninggal tersebut seperti seorang anak yang harus mengurus penguburan jenazah ibunya, membagikan hak waris, dan sebagainya.
  3. Melangsungkan perkawinan pertama. Tidak ada cuti alasan penting untuk perkawinan kedua dan seterusnya. Jangan khawatir buat pengatin, cuti alasan penting bisa jadi waktu untuk berbulan madu.
  4. Alasan lainnya yang ditetapkan oleh presiden.

Berapa lamanya?

Lamanya cuti alasan penting ditentukan oleh pejabat yang berwenang memberikan cuti dengan jangka waktu paling lama 2 (dua) bulan. Untuk pengaturan teknis lebih detail durasi lamanya cuti penting diatur berbeda-beda di masing-masing peraturan turunan di setiap kementerian.

Bagiamana cara pengajuan cuti alasan penting?

cuti alasan penting PNS

PNS Punya Hak Cuti Alasan Penting

  1.  PNS harus terlebih dahulu mengajukan permohonan tertulis dengan menjelaskan alasan-alasan yang jelas kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti.
  2. Apabila pejabat yang berwenang memutuskan setuju akan menerbitkan surat izin cuti alasan penting beserta lamanya cuti.
  3. Jika dalam keadaan mendesak seorang PNS tidak bisa menunggu keluarnya keputusan izin cuti  pejabat yang berwenang , maka pejabat tertinggi di tempat PNS bekerja dapat memberikan memberikan izin sementara untuk menjalankan cuti alasan penting. Contoh kasusnya seperti orang tua meninggal, anak kecelakaan, dan sebagainya.
  4. Pemberian izin sementara pada angka 3 harus segera diberitahukan kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti alasn penting dan setelah menerimanya pejabat akan segera memberikan cuti alasan penting.

Bagaiman format permohonan cuti alasan penting?

Tiap unit instansi tempat PNS bekerja mempunyai format masing-masing tergantung dari peraturan. Yang pasti dalam setiap pengajuan harus di terangkan secara jelas nama PNS pemohon, alasan yang dijadikan dasar cuti alsan penting dan lamanya cuti yang diajukan.  Berikut form permohonan cuti alasan penting di kementerian keuangan

Apa hak pegawai yang cuti alasan penting?

Jawabannya pegawai masih mendapatkan gaji penuh dan tunjangan tidak dikurangi atau dipotong apapun.



One Response to “Apa Itu Cuti Alasan Penting?”
  1. Sandi October 6, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *