Apa itu Diklatpim III?

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas mengenai Diklat Kepemimpinan tingkat IV untuk PNS yang telah atau akan menduduki jabatan selevel eselon IV di unit kerja masing-masing. Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai diklat kepemimpinan tingkat III. Apa itu Diklatpim III?

Diklat Kepemimpinan III, seperti namanya, merupakan diklat yang ditujukan bagi PNS yang sudah atau akan diproyeksikan mengisi jabatan eselon III. Diadakannya diklat ini untuk membentuk figur-figur pemimpin birokrasi yang berkompetensi tinggi dan mampu menjabarkan visi dan misi organisasi ke dalam program dan memimpin pelaksanaannya. Jadi sudah jelas tujuan dari diklat ini adalah membentuk para pemimpin-pemimpin di level eselon III yang mumpuni.diklatpim iii

Ketentuan lengkap tentang Diklatpim III diatur dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpin Tingkat III. Setelah berlakunya peraturan ini maka  Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 540/XIII/10/6/2001 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 3 Tahun 2012, dicabut dan tidak berlaku lagi. Dalam Perka LAN tersebut di bahas lengkap mengenai latar belakang, tujuan, kurikulum diklat, persyaratan peserta, tenaga penyelenggara diklat, fasilitas yang harus ada dalam diklat,  perenanaan, pembinaan, dan pembiayaan diklat, evaluasi, dan sertifikat kediklatannya. Ada baiknya sebelum rekan-rekan mengikuti diklat ini membaca terlebih dahulu perka tersebut.

Unduh selengkapnya Perkalan nomor 12 tahun 2013.

Berikut sayarat-syarat untuk dapat mengikuti Diklatpim III sebagaimana tercantum dalam Perkalan nomor 12 tahun 2013.

  1. Peserta harus memiliki potensi untuk dikembangkan yang dibuktikan dengan dokumen yang sesuai. Dokumen yang biasanya digunakan adalah hasil assessment.
  2. Peserta telah memiliki kompetensi teknis sesuai dengan bidang jabatan struktural eselon III yang akan diduduk, dibuktikan dengan dokumen yang sesuai.
  3. Peserta berpangkat minimal Pnata Tk.I /III.d
  4. Peserta mampu berkomunikasi ddengan bahasa inggris yang bisa dibuktikan dengan alternatif berikut.
    – ETS TOEIC skor minimal 425
    – IBT TOEF skor minimal 35
    – IELTS skor minimal 4,5
    – LAN ECSCS Test skor minimal 75
  5. Khusus bagi peserta diklatpim III yang belum menduduki jabatan struktural eselon III, harus direkomendasikan oleh Baperjakat Instansi untuk menduduki jabatan struktural eselon III tertentu dan diberikan rekomendasi untuk melakukan perubahan pada unit eselon III tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *