Apa Pengertian PNS?

Apa Pengertian PNS? Selama ini kita tahu salah satu profesi terbesar di Indonesia adalah Pegawai Negeri Sipil. Jumlahnya menurut data dari BPS hingga akhir tahun 2013 mencapai 4,46 juta jiwa. Kalau ditanya ulang apa sih definis PNS itu? Pegawai negeri? Bukan itu cuma kepangjangannya saja. Orang awam mungkin mengartikan PNS itu orang yang kerjanya di instansi pemerintah dan pemerintah daerah yang hidupnya enak karena dapat gaji dan tunjangan rutin tiap bulan. Akan tetapi definis pns sendiri sudah diatur dalam UU kepegawaian yang lama maupun Undang-Undang Apartur Sipil Negara (ASN).

Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil

Pengertian PNS menurut UU nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian

Dalam bab 1 pasal 1 huruf a uu tersebut di atas disebutkan bahwa

Pegawai Negeri adalah mereka yang setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam sesuatu jabatan Negeri atau diserahi tugas Negara lainnya yang ditetapkan berdasarkan sesuatu peraturan perundang-undangan dan digaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dari pengertian di atas kita dapat simpulkan bahwa PNS itu harus

1. Memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam UU.
2. Diangkat oleh pejabat yang berwenang.
3. Diserahi tugas dan sebuah jabatan dan atau tugas negara lainnya yang didasarkan pada peraturan yang berlaku.
4. Terakhir, ia digaji menurut UU yang berlaku.

Pengertia PNS di UU nomor 5 Tahun 2014 tentangĀ ASN

Di dalam UU ASN ada terminologi Pegawai Aparatur Sipili Negara. PNS ASN ini terdiri dari 2, Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Dalam UU ASN PNS dedefinisikan dalam angka 3 yang berbunyi:

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Dalam bahasa Inggris PNS diistilahkan dengan sebutan Civil Servant (Pelayan Publik) yang pada intinya mempunyai tugas utama melayani kepentingan publik atau rakyat. Di setiap negara di dunia memiliki definisi masing-masing tentang Pegawai Negeri Sipil. Di Inggris misalnya, PNS atau civil servant adalah sebutan untuk orang yang dipekerjakan oleh Ratu Inggris. Pegawai yang dipekerjakan oleh Parlemen maupun badan publik yang lain. Di negeri Ratu Elisabeth tersebut hanya ada 1 dari 12 badan publik yang pegawainya di sebut dengan PNS.

Di amerika PNS disebut dengan Civil Sevice. Civil sevice adalah orang-orang yang bekerja untuk badan pemerintah meliputi yang bekerja di Negara Federal (Federal State), Negara (State), dan Lembaga Pemerintah Daerah. Masing-masing PNS di sana bertanggung jawab penuh pada daerah yang di kelolanya. Itulah tadi beberapa definisi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Semoga bisa menambah khasanah pengetahuan kita semua.



One Response to “Apa Pengertian PNS?”
  1. Rush September 11, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *