Apakah PNS Tugas Belajar Mendapat Uang Makan?

Minggu kemarin ada rekan satu instansi yg resmi diterima sebagai peserta yg dinyatakan lulus beasiswa di dalam negeri. Brliau kemudian menanyakan kepada saya apakah saat seorang PNS menjalani tugas belajar tetap mendapatkan uang makan? Pertanyaan serupa mungkin saja juga menjadi tanda tanya rekan-rekan pembaca.

Baca Juga : Ketentuan Tugas Belajar PNS

Untuk menjawab pertanyaan di atas mari kita tengok Peraturan Menteri Keuangan Nomor 110/PMK.05/2010 tentang Pemberian dan Tata Cara Pembayaran Uang Makan bagi Pegawai Negeri Sipil. Dalam ketentuan tersebut disebutkan bahwa definisi dari uang makan adalah sejumlah uang yang diberikan kepada PNS berdasarkan tarif dan dihitung secara harian untuk keperluan makan PNS. Dari pengertian tersebut terlihat bahwa uang makan diberikan harian, jadi harus ada bukti masuk daftar hadir (absensi) pegawai yang bersangkutan sebagai dasar pembayaran. Uang makan ini tidak diberikan dalam jumlah yang tetap setiap bulannya melainkan didasarkan pada jumlah kehadiran setiap bulannya.

Dalam pasal 3 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 110/PMK.05/2010 yang mengatur tentang Pemberian dan Tata Cara Pembayaran Uang Makan bagi Pegawai Negeri Sipil disebutkan bahwa uang makan tidak diberikan kepada pegawai dengan 5 kriteria seperti;

a. PNS tidak hadir kerja
b. PNS sedang melaksanakan perjalanan dinas (sudah ada uang harian)
c. PNS sedang menjalani cuti
d. PNS sedang menjalani tugas belajar
e. PNS yang karena sebab-sebab lain mengakibatkan tidak dapat dibayarkannya uang makan.

Jadi, secara ketentuan, Pegawai Negeri Sipil yang tengah menjalani tugas belajar tidak memperoleh uang makan. Kebijakan ini mungkin dikarenakan PNS yang bersangkutan off dari jabatan dan pekerjaan di kantor. Padahal uang makan dibayarkan berdasarkan jumlah hari PNS bekerja dalam satu bulan. Secara perhitungan mungkin penghasilan dari kantor yang diperoleh oleh PNS tugas belajar akan turun, salah satu yang pasti hilang adalah uang makan. Namun demikian, bisa saja ada uang saku dari pihak sponsorship yang bisa menjadi penggantinya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *