Awal Juli 2015 Gaji 13 Cair

Ramadhan 1436 H/2015 sudah berjalan hampir tengah perjalanan, tapi kabar awal Juli 2015 gaji 13 cair masih belum bisa dipercaya. Pasalnya, sampai saat ini kejelasan kabar pencairan gaji 13 masih menjadi simpang siur. Namun menurut kabar yang beredar, dapat dipastikan gaji 13 cair di awal bulan Juli, bahkan ada yang mengatakan gaji 13 cair tanggal 2 Juli 2015. Sedangkan untuk tunjangan kinerja akan disesuaikan dengan mekanisme di masing-masing instansi kerja pegawai, tutur Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPANRB.

PNS dan TNI POLRI memang tidak mengenal Tabungan Hari Raya (THR) layaknya karyawan swasta. Maka gaji 13 ini sangatlah dinanti-nantikan. Apalagi saat ini harga-harga sudah mulai naik. Dari harga sembako, BBM, sampai pakaian juga mengalami kenaikan yang signifikan. Tentu saja hal ini menjadi beban tersendiri bagi PNS.

Padahal kita semua tahu Ramadhan merupakan bulan dengan pengeluaran berlipat ganda. Sesuatu yang pada hari-hari biasanya tidak dibeli, pada bulan ramadhan barang-barang tersebut menjadi kebutuhan pokok. Selain itu, kenaikan kelas siswa juga di depan mata. PNS dan TNI POLRI yang memiliki anak usia sekolah pasti membutuhkan banyak biaya untuk kebutuhan tahun ajaran baru dan biaya pendaftaran. Oleh karena itu, hadirnya gaji 13 merupakan saat yang dinanti-nantikan pegawai pada setiap tahunnya.

Besar gaji 13 yang sama dengan gaji bulan Juni 2013 dikabarkan cair 2 Juli 2015. Pada gaji tersebut PNS TNI dan POLRI tidak dikenakan pajak penghaislan karena semua telah ditanggung oleh undang-undang dalam APBN dan APBD tahun 2015.

PNS, anggota TNI dan POLRI berharap pencairan gaji 13 tidak mengalami kemunduran. Pasalnya, kebutuhan mereka sudah sangat banyak dan mendesak. Tanpa adanya gaji 13 banyak pegawai yang mengalami kesulitan keuangan. Mengingat harga-harga yang semakin naik di bulan Ramadhan. Kejadian ini juga bersamaan dengan masuknya siswa skekolah yang rata-rata tanggal 8 Juli 2015 sudah masuk tahun ajaran baru.

Memasuki tahun ajaran baru kebutuhan anak sekolah memang sangat banyak. Selain peralatan sekolah masih ada beberapa uang sumbangan yang harus diberikan wali murid kepada sekolah (swasta). Apalagi bagi yang memiliki anak baru masuk SD, SMP, SMA< maupun kuliah. Butuh dana besar yang harus segera dicarikan solusi. Adapun salah satu solusinya adalah melalui gaji 13.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *