Bagaimana Jika e-PUPNS Error?

Mungkin tidak jika e-PUPNS Error? Mungkin saja hal ini terjadi. Apalagi bagi pengguna yang belum pahal betul cara pengoperasian e-PUPNS. Sejak dioperasikannya 1 September 2015, beberapa PNS sangat dibingungkan dengan kemunculan Error 500 pada akun e-PUPNS nya. Ada beberapa PNS setelah mengisi penuh data pada bagian yang harus diisi justru mengalami masalah di akhir. Bukti cetak pendaftaran PUPNS tidak dapat memunculkan kode registrasi yang seharusnya muncul setelah request finish registrasi.

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi Error 500, alangkah lebih baiknya kita tahu apa yang dimaksud dengan error 500.

Error 500 merupakan error yang disebabkan oleh masalah server.  Pesan ini memperlihatkan ada server side yang mengalami masalah. Biasanya, ada pengaturan tidak tepat pada htaccess. Sebenarnya browser dapat sampai pada server. Namun server tidak kuat memfasilitasi halaman yang diminta oleh pengguna.  Beberapa penyebabnya antara lain:

  1. Ada file yang masih dalam kondisi write. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab Error 500.
  2. Ada bagian dari hosting yang mengalami perubahan. Jika memang benar, segera lakukan editing dan simpan lagi. Applications CHMOD ditulis 644 sedangkan untuk folder 755.

Sebagai pengguna, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh. Apalagi bagi kita yang minim pengetahuan dan pengalaman dalam dunia web.

  1. Kita bisa menekan tombol F5 pada keyboard. Maksud dari tombol F5 ini adalah dilakukan reload pada halaman web yang dituju. Apalagi belum sukses, kita bisa mencobanya berkali-kali karena kesalahan ini hanya bersifat sementara dan sesekali kita bisa berhasil ketika beruntung untuk selalu mencobanya.
  2. Kita bisa menghapus bagian cache pada browser.
  3. Kita juga bisa menghapus cookie pada browser yang dimiliki kemudian merestart browser itu kembali.
  4. Meminta bantuan secara langsung kepada petugas yang menangani e-PUPNS ditingkat UPTD maupun kota.


One Response to “Bagaimana Jika e-PUPNS Error?”
  1. Wied Efect September 11, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *