Berkas Kenaikan Pangkat untuk Fungsional

Berkas Kenaikan Pangkat untuk Fungsional pegawai negeri sipil periode 1 April 2015 yang dapat diusulkan kepada pemerintah kabupaten setempat sejak tanggal 01 Desember 2015 hingga 15 Januari 2016 mendatang. Pangkat merupakan kedudukan jabatan Pegawai Negeri Sipil  dan digunakan sebagai dasar penggajian PNS yang bersangkutan. Bagi pegawai negeri sipil yang ingin dan belum mengajukan usulan kenaikan jabatan masih dapat mengajukan pada pemerintah kabupaten tempat lembaga berada hingga tanggal 15 Januari 2016 mendatang dengan membawa data pendukung yang lengkap, sah, serta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Ketentuan Kenaikan Pangkat untuk Fungsional

Pangkat menjadi penentu dan dasar penggajian bagi Pegawai Negeri Sipil sehingga penting untuk mengajukan usulan kenaikan jabatan. Usulan berkas kenaikan jabatan yang lengkap dan sudah sesuai ketentuan dapat diserahkan kepada pemerintah kabupaten dimana sekolah berada. Berikut ini ketentuan kenaikan pangkat untuk fungsional:

  1. Usulan kenaikan pangkat atau jabatan setiap PNS dikelompokkan sesuai dengan kelompok jabatan fungsional umum yaitu staf dan jabatan fungsional tertentu.
  2. PNS dengan jabatan fungsional guru harus menyiapkan dan melampirkan PAK setidaknya paling sedikit 3 antara lain PAK lama, PAK yang sudah disesuaikan, dan PAK baru yang asli.
  3. CPNS berformasi jabatan Fungsional tertentu dan telah menjadi PNS selama empat tahun namun belum diangkat menjadi jabatan fungsional tertentu hanya bisa ditoleransi satu kali kenaikan pangkat regular. Setelah itu akan diangkat dalam jabatan sesuai formasi yaitu jabatan Fungsional tertentu.
  4. PNS yang sudah menyelesaikan masa ataupun tugas belajar dan memiliki jabatan fungsional namun sudah dibebaskan sementara dari jabatannya makan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah dengan diangkat kembali dalam jabatan fungsional.
  5. PNS harus melampirkan penilaian prestasi kerja tahun 2014 hingga 2015 yang meliputi sasaran kerja pegawai (SKP) untuk digunakan sebagai rencana kerja awal tahun, prestasi PNS yang di dalamnya terdiri penilaian SKP dan penilaian perilaku kerja, capaian SKP akhir tahun, serta untuk PNS yang memperoleh nilai tugas tambahan dalam SKP perlu melampirkan surat melaksanakan tugas tambahan yang diperoleh dari Pejabatn Eselon II sebagai kelengkapan administrasi.
  6. PNS yang terlambat mengusulkan kenaikan pangkat tidak dapat mengusulkan pada periode 01 April 2015 namun akan dipertimbangkan pada kenaikan jabatan periode selanjutnya.berkas kenaikan pangkat fungsional

Berkas Kenaikan Pangkat untuk Fungsional Tertentu

Usulan kenaikan pangkat dapat diajukan jika Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan telah membawa dan memenuhi Berkas Kenaikan Pangkat untuk Fungsional sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beikut ini berkas kenaikan pangkat pilihan yang harus disipakan PNS dengan jabatan fungsional termasuk guru tertentu untuk mengajukan usulan kenaikan pangkat pilihan:

  1. Siapkan foto kopi SK pangkat terakhir, SK CPNS untuk PNS yang pertama kali mengusulkan kenaikan jabatan, SK pengangkatan jabatan fungsional terakhir, penetapan angka kredit pada SK pangkat terakhir dan periode selanjutnya, SK peninjauan masa kerja (PMK), SK penyesuaian jabatan fungsional guru. Semua foto kopi dokumen tersebut harus merupakan foto kopi sah atau yang telah dilegalisir.
  2. Dokumen asli disertai foto kopi sah atau dilegalisir penetapan angka  kredit terakhir sebagai persyaratan kenaikan jabatan periode 1 April 2015.
  3. Menyerahkan foto kopi kartu pegawai (KarPeg) dan SK konversi NIP baru yang sah atau dilegalisir.
  4. Menyerahkan foto kopi sah atau dilegalisir ijazah , transkrip nilai, dan akta  sesuai dengan yang tercantum pada SK pangkat terakhir.
  5. Foto kopi penilaian prestasi kerja PNS tahun 2014 hingga tahun 2015 yang dilegalisir atau sah yang meliputi sasara kerja pegawai (SKP), prestasi PNS yaitu penilaian SKP dan penilaian perilaku kerja, serta capaian SKP akhir tahun.
  6. PNS yang melanjutkan belajar dan mendapatkan ijazah yang lebih tinggi untuk peningkatan jabatan karier pekerjaan harus menyiapkan foto kopi sah ijazah, akta, transkrip nilai, dan surat keterangan melanjutkan belajar.
  7. Menyiapkan daftar riwayat pekerjaan.

Beberapa persyaratan di atas merupakan berkas yang harus dipersiapkan bagi PNS dengan jabatan fungsional termasuk guru yang ingin mengusulkan kenaikan jabatan pilihan. Bagi anda PNS dengan jabatan fungsional segera penuhi dan ajukan usulan Berkas Kenaikan Pangkat untuk Fungsional sebelum waktu yang ditentukan berakhir.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *