Besar Tunjangan Fungsional Analis Kepegawaian

Besar Tunjangan Fungsional Analis Kepegawaian – Salah satu jabatan fungsional yang ada di Indonesia adalah Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian. Sama seperti jabatan fungsional lainnya, terhadap pegawai yang menduduki jabatan sebagai fungsional analis kepegawaian akan mendapatkan hak berupa tunjangan fungsional. Berikut selengkapnya.

tunjangan jabatan fungsional analis kepegawaian

Apa Itu Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian?

Analis kepegawaian adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan manajemen PNS dan pengembangan sistem manajemen PNS.
(Pasal 1 angka 1 Permenpan-RB Per/36/M.PAN/11/2006)

Manejemen PNS adalah keseluruhan upaya untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan derajat profesionalisme penyelenggaraan tugas, fungsi dan kewajiban kepegawaian yang terdiri atas formasi dan pengadaan, mutasi, pendidikan dan pelatihan (diklat), gaji, tunjangan dan kesejahteraan, ketatausahaan kepegawaian, disiplin dan pengendalian kepegawaian, pemberhentian dan pelaporan.
(Pasal 1 angka 2 Permenpan-RB Per/36/M.PAN/11/2006)

Berapa Besar Tunjangan Fungsional Analis Kepegawaian?

Tujangan jabatan fungsional diatur dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 17 Tahun 2013. Di dalam peraturan presiden tersebut diatur ketentuan antara lain:

Definisi Tunjangan Fungsional Kepegawaian

Tunjangan jabatan fungsional analis kepegawaian yang selanjutnya disebut dengan Tunjangan Analis Kepegawaian adalah tunjangan jabatan fungsional yang diberikan kepada PNS yang diangkat dan ditugaskan secara penuh dalam Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian sesuai ketentuan peraturan perudang-undangan.

Tunjangan Analis Kepegawaian di bayarkan setiap bulan dengan besaran sebagai berikut:

No Jenjang Jabatan Besar Tunjangan
1 Analis Kepegawaian Madya Rp 1.080.000
2 Analis Kepegawaian Muda Rp 840.000
3 Analis Kepegawaian Pertama Rp 480.000
4 Analis Kepegawaian Penyelia Rp 600.000
5 Analis Kepegawaian Pelaksana Lanjutan Rp 420.000
6 Analis Kepegawaian Pelaksana Rp 330.000

 Pemberian tunjangan fungsional di atas akan dihentikan apabila seorang PNS yang menduduki jabatan Fungsional Analis Kepegawaian diangkat dalam jabatan struktural atau di angkat dalam jabatan fungsional lainnya. Untuk selengkapnya bisa anda baca di Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2013 yang bisa anda download di bawah ini

Perpres Nomor 17 Tahun 2013



2 Responses to “Besar Tunjangan Fungsional Analis Kepegawaian”
  1. Akbar Aditya Eriko December 4, 2015
    • wikipns December 5, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *