Besaran Gaji Pegawai BPJS

Gaji pegawai BPJS yang notabenya merupakan salah satu instansi yang menangani masalah kesehatan, belakangan ini masih menjadi perbincangan menarik di kalangan masyarakat, mengingat banyaknya lowongan kerja yang masih dibuka oleh instansi tersebut demi memenuhi kebutuhan sumber daya perusahaan. Namun demikian, ketika Anda berbicara masalah gaji tentunya pendapatan yang akan didapatkan masing-masing pegawai dari BPJS akan berbeda, karena ada standar tertentu terkait masalah gaji, mulai dari:

Standar pendidikan

Ketika Anda bicara masalah standar gaji yang ditetapkan berdasarkan level pendidikan, hal tersebut disesuaikan dengan level kepegawaian yang diterima di BPJS yaitu mulai dari D3 hingga S2. Untuk gaji jenjang D3 hingga S1 di beberapa divisi seperti administrasi dan claim prosedure, dapat berkisar antara Rp 2.000.000,00 hingga Rp 3.000.000,00. Namun hal tersebut bukan merupakan hal yang pasti mengingat gaji pokok yang ada masih dapat ditambahkan dengan bonus bulanan lainnya yang disesuaikan dengan kinerja pegawai bersangkutan.

gaji pegawai bpjs

BPJS masih memerlukan banyak pegawai

Baca : Gaji PNS terbaru

Tipe pegawai

Ketika Anda berniat melamar menjadi seorang pegawai BPJS, Anda juga perlu memperhatikan jenis posisi seperti apa yang Anda inginkan, karena ada beberapa posisi seperti customer service, front office, atau beberapa divisi lainnya yang diisi oleh tipe pegawai kontrak berjangka waktu tetentu. Dibandingkan dengan pegawai tetap, gaji pegawai yang mirip seperti outsourching ini dapat berkisar antara Rp 2.500.000,00 hingga Rp 3.500.000,00. Sedangkan untuk pegawai tetap meski diawal kerja gaji yang diterima rata-rata sama dengan pegawai kontrak, ada keuntungan tertentu terkait jumlah uang bonus dan jaminan yang diterima.

Divisi yang ditempati

Gaji yang diterima masing-masing pegawai BPJS juga dapat berbeda jika dibandingkan setiap divisi yang ada. Sebagai contoh ketika Anda diterima di divisi IT gaji yang didapatkan beragam, mulai dari 2-4,5 juta rupiah, sedangkan untuk pegawai yang menempati divisi claim analysis yang berhubungan langsung dengan pihak rumah sakit dan klien, gaji yang diterima dapat berkisar antara 3-5juta rupiah. Menurut data yang ada, rata-rata gaji tertinggi diperoleh oleh pegawai BPJS yang berada di divisi keuangan, karena gaji karyawan yang berada dalam divisi ini berada dalam rentang antara 6-8.5 juta rupiah. Hal tersebut tentunya akan terasa wajar karena disesuaikan dengan resiko tanggung jawab kinerja dan beberapa hal lainnya.

Jabatan

Terkait dengan masalah jabatan, ketika Anda membuka lowongan kepegawaian BPJS, Anda akan menemukan beberapa level jabatan yang tentunya akan memberikan level gaji yang berbeda pula. Untuk jabatan sekelas supervisor, gaji yang didapatkan bisa setara dengan pegawai di divisi keuangan yaitu sekitar Rp 8-10 juta rupiah. Sedangkan untuk jabatan manajer, rata-rata gaji yang akan didapatkan adalah 15-18 juta rupiah per bulannya.

Untuk jabatan tertinggi di kelas karyawan seperti senior manajer, gaji yang didapatkan bisa dua kali lipat lebih besar dari jabatan manajer biasa yaitu sekitar 27-30 juta rupiah. Namun hal tersebut tentunya juga akan disesuaikan dengan tanggung jawab atau job desk yang harus dilaksanakan dan standar pendidikan yang dimiliki. Setelah Anda mengetahui rentang gaji yang dapat diterima ketika Anda menjadi pegawai BPJS, jika Anda ingin melamar pekerjaan di instansi tersebut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti:

  • Jurusan dan IPK
    Ketika Anda ingin melamar sebagai pegawai BPJS, pastikan Anda berada di jurusan yang distandarkan oleh BPJS dengan ipk minimal 3, karena hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi pertimbangan penerimaan Anda.
  • Kesiapan tes seleksi
    Ketika Anda ingin diterima sebagai pegawai BPJS, Anda harus siap dengan berbagai tes seleksi yang akan diselenggarakan mulai dari tes psikotest, interview, dan medical check up. Masing-masing tes memiliki tingkat kesulitan masing-masing, namun agar Anda merasa benar-benar siap saat menghadapi tes tak ada salahnya Anda bertanya pada kolega yang sudah diterima lebih dulu di BPJS model pertanyaan yang akan diajukan selama tes atau mencari tahu melalui media website.
    Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan mental, karena kelelahan atau kegugupan saat tes, hanya akan membuat kemungkinan Anda diterima minim. Semoga dengan bahasan diatas, Anda dapat memahami bagaimana sistem gaji pegawai BPJS.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *