Cegah Korupsi Melalui IT

Korupsi merupakan hal kecil yang berakibat besar. Tidak hanya berupa materi, tapi bagian terpenting sebagai dampak korupsi adalah rusaknya mental. Orang yang terbiasa korupsi secara tidak langsung akan menelurkan benih-benih baru untuk melakukan tindakan korupsi selanjutnya. Bahkan seringkali korupsi menimbulkan ketidakadilan. Artinya, ada tumpang tindih tidak merata antara tupoksi dengan pelaksanaan tugas yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu korupsi menjadi musuh bagi banyak orang. Sehingga pada tahun ini Presiden Joko Widodo meminta semua instansi pemerintahan untuk menegakkan hukum melalui pemaksimalan IT.

Banyaknya peralatan elektronik yang canggih harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif. Salah satunya adalah untuk mencegah korupsi khususnya di kalangan PNS. Saat ini banyak kita dapati berbagai layanan pemerintahan bekerja pada mekanisme berbau elektronik seperti pajak online, presensi online, e-budgeting, dan banyak sistem lainnya.

Selain untuk mencegah korupsi, penggunaan IT juga dinilai lebih mengoptimalkan dan mengefisienkan kinerja pegawai. Pasalnya, jaringan internet yang begitu luas dapat membuat pemerintah pusat dengan mudah mengakses informasi di daerah-daerah seluruh pelosok negeri. Bahkan tidak hanya itu, antar daerah pun dapat berkoordinasi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. Untuk bagian-bagian yang kurang benar/sesuai, pihak berwenang bisa segera menegur hanya dengan membuka database beberapa menit saja. Pimpinan tidak harus terlebih dahulu terjun di suatu daerah yang memakan waktu cukup lama.

Pelaksanaan pemerintahan berbasis IT atau biasa dikenal dengan nama e-government diharapkan mampu meningkatkan lima pola dasar ANEKA yang meliputi Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Kreativitas, dan Anti Korupsi. Sinergi antar lembaga sangat dibutuhkan untuk memerangi korupsi di negeri ini. Media elektronik hanyalah salah satu alat untuk berperang. Namun kunci utama terperanginya budaya korupsi adalah kesadaran masing-masing pihak untuk tanggung jawab terhadap amanah yang diembannya. Tidak lupa pula teladan pimpinan sebagai contoh dari orang-orang di bawahnya.



One Response to “Cegah Korupsi Melalui IT”
  1. yan January 17, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *