Contoh Berkas Laporan Pernikahan PNS

Contoh Berkas Laporan Pernikahan PNS – Pada postingan sebelumnya kami telah membahas banyak tentang pernikahan PNS berikut peraturan dan ketentuannya. Kali ini wikipns akan berbagi informasi tentang berkas yang akan digunakan untuk laporan PNS setelah menikah. Setelah seorang PNS melepas lajangnya a.k.a. menikah ia memiliki kewajiban untuk dapat segera melaporkan pernikahannya tersebut kepada unit dimana PNS tersebut berdinas.

Bukannya tanpa alasan, PNS diharapkan segera melaporkan pernikahannya karena untuk berbagai kepentingan termasuk kepentingan diri PNS sendiri. Berikut diantaranya:

  1. Updating data di unit pegawai dan juga di BKN.
  2. Pemberian tunjangan istri/suami jika suami/istri bukan PNS. Jika laporan segera dibuat maka tunjangan suami/istri akan segera diberikan dan juga akan ada tunjangan beras dalam nominal yang lumayan.
  3. Pembuatan Kartu Istri/Kartu Suami, kartu ini nantinya sangat penting saat pengambilan uang pensiun.
  4. Menghindari sanksi hukuman disiplin sesuai PP 53 tahun 2010. Awas lho sanksinya adalah hukuman disiplin berat.

Baca Juga : Hukuman Disiplin bagi PNS

Laporan pernikahan harus PNS buat secara tertulis dengan melampirkan kelengkapan berkas yang dipersyaratkan. Laporan ini harus dibuat dan dikirm ke unit yang menangani kepegawaian dari masing-masing instansi. Berikut rincian berkas dan kelengkapan yang harus disiapkan rekan-rekan PNS dalam rangka laporan pernihakan:

  1. Foto istri/suami berwarna 3 x 4 sebanyak 3 lembar
  2. Blangko Surat Keterangan untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga atau yang sering kita kenal dengan nama KP4 model C sebanyak 1 lembar.
  3. Berkas daftar keluarga dibuat 3 rangkap.
  4. Fotokopi akta atau buku nikah yang telah dilegalisir unit (nantinya akan dikirim ke BKN).
  5. Berkas Laporan perkawinan sebanyak 3 rangkap.

Untuk foto dan fotokopi akta nikah sudah pastinya, tinggal membuat blanko KP4 model C, Berkas daftar keluarga, dan juga berkas laporan perkawinan. Perlu penulis sampaikan bahwa berkas laporan perkawinan pertama yang ada sampai saat ini formatnya masih sama dengan format jaman dulu berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara nomor 08/SE/1983 tanggal 26 April tahun 1983. Format ini sudah bertahan 33 tahun lebih dans sampai saat ini belum ada perubahan atas format laporan tersbut.

Khusus untuk format KP4 dan berkas daftar keluarga formatnya mungkin akan sangat beragam di setiap instansi namun secara substansi informasi tidak akan jauh berbeda. Berikut ini penulis bagikan format Blanko KP4, laporan perkawinan dan juga berkas daftar keluarga di unit kerja penulis. Semoga bermanfaat buat rekan-rekan yang akan membuat laporan pernikahan.

Format Tampilan KP4 Model C

 

format-tampilan-berkas-pernikahan-PNS-KP4-model-c_thumb.png

Format Tampilan Laporan Pernikahan (BKN)

 

format-laporan-pernikahan-versi-bkn.png

Format tampilan berkas daftar anggota keluarga

 

format-berkas-daftar-keluarga.png

Semua contoh berkas di atas dapat rekan-rekan dapatkan melalui link berikut:

Download berkas laporan perkawinan / pernikahan bagi PNS



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *