Contoh Cara Mengisi e-kinerja guru (e-kin.semarangkota.go.id)

Akhir-akhir ini para guru dibingungkan dengan cara mengisi e-kinerja guru. Sebagai aplikasi baru sebagai pengganti DP3 penilaian untuk guru, e-kinerja atau lebih keren disebut ekin akan menjadi makanan sehari-hari guru. Tanpa mengisi ekin guru tidak akan mendapatkan nilai dari atasan. Artinya, nilai guru PNS tersebut “nol”.

Penilaian yang diberikan kepala sekolah kepada guru bersifat┬ásimbol seperti “K”, “C”, “B”, dan “A”. Nilai-nilai itu tidak akan muncul secara global melainkan per item. Jadi setiap kegiatan yang dituliskan oleh guru akan diberikan penilaian oleh kepala sekolah. Tidak hanya itu, kepala sekolah juga akan memberikan komentar dan saran agar kinerja guru menjadi lebih baik dan transparan.

Melalui ekin tidak ada istilah guru junior dan senior. Meskipun masih junior atau baru, jika memang memiliki kinerja bagus maka is aberhak mendapat nilai “A”. Begitu pula sebaliknya, meskipun sudah senior dan bersertifikasi jika kinerjanya buruk maka sah-sah saja mendapat nilai “C”. Kebijakan kepala sekolah sangat berlaku dalam hal ini karena beliau sebagai sang pemilik nilai.

Sebenarnya cara mengisi kegiatan harian guru pada e-kinerja guru sangat mudah. Untuk wilayah pemerintah kota Semarang, guru dapat langsung login dengan username masing-masing NIP dan password 8 digit pertama dari NIP tersebut. Tapi guru dapat juga mengganti password jika dianggap password lama dirasa kurang aman. Setelah login, hal pertama yang harus dilihat adalah identitas. Jika masih ada kesalahan identitas seperti kesalahan nama, unit kerja, nip, maupun jabatan, hal yang harus dilakukan adalah segera menghubungi operator. Operator sekolah dengan segera akan mengurus ke BKD setempat.

Setelah masalah identitas beres, guru tersebut bisa langsung mengisi kegiatan harian. Untuk mempermudah siapkan dulu kalender yang ada tanda hari liburnya. Jangan sampai karena keasyikan mengisi, tanggal merah atau libur ikut ikut diisi uraian kegiataannya. Item kedua yang perlu disiapkan adalah jurnal kegiatan harian. Jurnal akan sangat membantu dalam mempercepat pengisian ekin.

Pengisian ekin dimulai per 1 Juni 2015. Maka bulan yang harus diaktifkan dalam ekin juga harus diubah dalam Juni terlebih dahulu. Jika dilihat dari kalender akademik, 1 Juni merupakan kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) maka kegiatan yang dilakukan pun harus disesuaikan. Kegiatan harian guru diisi menggunakan kalimat aktif (diawali me-) kecuali “membantu”. Beberapa kata yang bisa dipilih adalah mengajar, mendampingi, mengawasi, mengoreksi, menilai, mengikuti, mengevaluasi, mengkoordinasi, mengerjakan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tugas fungsi guru. Jangan kaget apalagi ketika mengisi kegiatan, urutan kegiatan yang Anda tulis meloncat atau menjadi tidak urut. Urutan ekin memang sesuai dengan abjad.

Karena guru bekerja dalam 6 hari kerja, sebagai inisiatif untuk Senin-Kamis bisa dibuat 360 menit, Jum’at 240 menit, dan Sabtu 300 menit. Adapun kegiatannya disesuaikan dan jangan mengada-ada. Hal yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan waktu. Jangan sampai jumlah waktunya kurang. Hal ini akan sangat mempengaruhi penilaian atasan.

Apabila ada kegiatan seperti diklat, seminar, maupun utusan keluar, guru wajib tetap mengisi ekinnya. Pada bagian tugas fungsi dapat diisi dengan memberikan tugas sementara kegiatan yang dilaksanakan dapat ditulis dibagian kolom tambahan dan lain-lain.

Setiap akhir bulan atasan atau kepala sekolah akan memberikan penilaian. Secepatnya mengisi ekin dan tidak menggantungkan kepada teman adalah solusi terbaik. Guru memang harus bisa komputer. Bagi guru yang belum bisa bisa belajar dengan rekan sejawat yang sudah bisa. Ekin merupakan catatan pribadi. Akan sangat mengada-ada jika ekin harus diisikan oleh orang lain. Apalagi jika PNS meminta wiyata untuk mengisi. Kurang layak jika hal tersebut terjadi. Seorang PNS harus kreatif, apalagi PNS itu berstatus guru. Guru adalah siswa sepanjang masa. Belajar cara mengisi kegiatan harian ekin akan sangat menyenangkan.

Berikut ini adalah contoh tampilan e-kinerja guru pada bagian kegiatan harian. Semoga bermanfaat:

e-kinerja guru 2

e-kinerja guru Semarang



6 Responses to “Contoh Cara Mengisi e-kinerja guru (e-kin.semarangkota.go.id)”
  1. isman September 3, 2015
  2. isman September 3, 2015
  3. YUSTINUS September 19, 2015
    • wikipns September 25, 2015
      • Christie October 18, 2015
  4. sdn sukaperna 1 November 8, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *