CPNS “Boleh” Cuti Menikah

Menikah merupakan impian semua orang, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dalam menghadapi persiapan pernikahan seringkali CPNS dibingungkan permasalahan “Bolehkan CPNS mengambil cuti nikah?” Mengingat statusnya belum resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jangan takut, CPNS tetap diperkenankan mengambil cuti menikah dengan landasan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil bahwa CPNS berhak mendapat hak cuti tahunan jika telah bekerja 1 (satu) tahun secara terus menerus. CPNS memang hanya berhak mendapat hak cuti tahunan. Kecuali oleh pejabat yang memberikan cuti dengan landasan pertimbangan kemanusiaan.cutinikahcpns

Lama CPNS mengambil cuti nikah hendaknya mempertimbangkan nilai-nilai “kepantasan”. Sebagai contoh, CPNS mengambil cuti selama 7 hari dengan rincian tiga hari sebelum nikah, hari pernikahan, dan tiga hari setelah nikah. Rincian tersebut ditulis secara jelas di dalam surat pengajuan cuti.

Untuk mencari posisi aman CPNS dapat melakukan konsultasi pada pimpinan di SKPD tempat CPNS bekerja. Bimbingan dari pimpinan sangat penting untuk ditaati CPNS dalam jadwal pengambilan cuti. Komunikasi yang baik dengan pimpinan akan memberikan efek baik bagi penilaian pimpinan terhadap kinerja CPNS.

Adapun contoh surat pengajuan cuti menikah dapat dilihat pada format di bawah ini:

Hal: Permohonan Izin Cuti Menikah                                                                         Semarang, 14 Mei 2015

Yth. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur

Di Semarang

Yang bertanda   tangan di bawah ini:

Nama                                                    :               Cahaya Indah

NIP                                                         :               199000000000000000

Pangkat/Golongan Ruang            :               Penata Muda / III a

Jabatan                                                 :               Guru Kelas

Unit Kerja                                            :               SDN ……………

UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur

Dengan ini mengajukan permohonan izin menikah untuk tahun 2015 selama 7 hari terhitung mulai tanggal 20 Mei 2015 sampai 26 Mei 2015. Selama menjalankan cuti alamat saya adalah Jalan Menoreh Utara XII Nomor 21 RT 02 RW 01 Sampangan Gajahmungkur Semarang.

Demikian permohonan izin cuti ini saya buat untuk dapat dipertimbangkan sebagaimana mestinya.

Hormat saya

Cahaya Indah

NIP. 199000000000000000



No Responses to “CPNS “Boleh” Cuti Menikah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *