Definisi Gaji dan Upah Berikut Perbedaannya

Seorang Pegawai Negeri Sipil setiap bulannya akan menerima sejumlah uang yang tetap jumlahnya dalam kurun waktu tertentu yang disebut gaji. Setiap pekerja, termasuk di dalamnya Pegawai Negeri Sipil pada dasarnya adalah individu yang bekerja dengan menjual tenaga dan pikirannya pada sebuah entitas swasta atau pemerintah. Apa sebenarnya definis dari gaji? Apa bedanya dengan upah? Berikut kami rangkumkan definisi gaji dari berbagai sumber:

Gaji Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI gaji didefinisikan sebagai a) upah dari kerja yang dibayarkan dalam waktu yang tetap. b) balas jasa yang diterima oleh perusahaan dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu. Dari definisi tersebut terlihat bahwa salah satu ciri utama gaji adalah dibayarkan dalam waktu tertentu (secara periodik) tidak tentative.

Pengertian menurut US Legal

Definisi gaji menurut yang penulis kutip dari uslegal.com dengan terjemahan seperlunya,

gaji adalah semua pembayaran tunai yang dilakukan untuk karyawan atas jasa yang telah mereka berikan. Pengeluran bisnis yang diperlukan sebagai akibat dari kegiatan kerja oleh karyawan yang dibati dengan sejumlah uang.

definisi gaji dan definisi upah

Pengertian Gaji Menurut Para Ahli

a. Gaji Menurut Soemarso (2009 : 307)

“Gaji adalah imbalan kepada pegawai yang diberikan atas tugas-tugas administrasi dan pimpinan yang jumlahnya biasanya tetap secara bulanan”

b. Gaji Menurut Mulyadi (2008 : 373)

“Gaji umumnya merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan yang mempunyai jenjang jabatan manajer.”

c. Gaji Menurut Mardi (2011 : 107)

Gaji adalah sebuah bentuk pembayaran atau sebuah hak yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi kepada pegawai.”

d. Gaji Menurut Mathis and Lackson

Gaji adalah suatu kompensasi yang dikatikan dengan kinerja individu, kelompok, maupun dengan kinerja sebuah organisasi.

e. Menurut Dessler

Gaji adalah sesuatu hal atau uang yang berkaitan dengan uang yang diberikan kepada karyawan.

f. Gaji Menurut Sastro Hadiwriyo

Gaji memiliki peranan penting dalam memotivasi karyawan untuk bekerja dengan lebih efektif, meningkatkan kinerja, produktivitas dalam perusahaan, dan mengimbangi kekurangan dan keterlibatan komitmen yang menjadi ciri angkatan kerja mas kini. Sebuah perusahaan yang tergolong modern saat ini banyak mengaitkan gaji dengan kinerja.

g. Gaji Menurut Amstrong dan Murlis

Gaji diartikan sebagai suatu pembayaran pokok yang diterima oleh seseorang , tidak termasuk unsur-unsur variabel dan tunjangan lainnya.

Dari banyak kesimpulan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa definisi gaji erat kaitannya dengan dua kriteria. Pertama adalah merupakan imbal jasa atas apa yang telah diberikan individu (pekerja / PNS) kepada suatu entitas atau negara dan yang kedua jumlahnya tetap dan dibayarkan secara periodik.

Apa Beda Gaji dengan Upah?

Kalau PNS hanya mengenal gaji lain halnya di swasta. Di perusahan-perusahaan di samping ada nomenklatur pegawai tetap juga ada nomenklatur pegawai kontrak. Pegawai kontrak inilah yang dibayar dengan upah, bukan gaji.

Menurut Soemarso, upah adalah imbalan kepada buruh yang melakukan pekerjaan kasar dan lebih banyak menggunakan kekuatan fisik dan biasanya jumlahnya ditetapkan secara harian, satuan atau rombongan. Sedangkan menurut Diana dan Setiawati upah hanya diberikan atas dasar kinerja harian, biasanya praktik ini ditemukan pada pabarik. Adakalanya upah juga dihitung berdasarkan jumlah produk yang dihasilkan.

Jadi dari definisi gaji dan upah di atas kita bisa simpulkan bahwa kalau gaji adalah imbalan lebih kepada atas pikiran dan pikiran yang diberikan dalam tugas yang sifatnya lebih konstan. Dibayarkan dalam jumlah yang tetap dengan sistem pembayaran periodik. Sedangkan upah adalah pembayaran atas penyerahan jasa berdasarkan jumlah pekerjaan (output) yang diselesaikan misalnya dari jumlah jam, jumlah produk jadi, dan sebagainya. Itulah tadi definisi gaji dan upah yang berhasil kami rangkum. Semoga bisa menjadi bahan referensi rekan-rekan PNS di rumah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *