Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV

Salah satu batu loncatan karier seorang PNS adalah ketika ia dipromosikan dalam jabatan tertentu. Biasanya, pertama kali PNS akan dipromosikan pada jabatan eselon IV sebagai kepala seksi atau kepala subbagian. Sebelum seorang PNS diprmosikan eselon IV biasanya akan mengikuti diklat khsusus yang disebut dengan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV atau yang lebih sering kita kenal dengan “Diklatpim IV”.

Hal yang dijadikan pertimbangan diklat ini adalah untuk membentuk sosok-sosok pemimpin birokrasi yang memiliki kemampuan yang baik dalam perencanaan kegiatan instansi dan memimpin pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dasar Hukum Diklatpim IV

Ketentuan hukum yang mengatur tentang diklat kepemimpinan IV terbaru ada di Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 yang efektif berlaku sejak 3 Oktober 2013. Perka LAN ini menggantikan ketentuan lama dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara nomor 9 Tahun 2011. Silahkan rekan-rekan bisa donwload peraturannya di sini : Perka LAN nomor 13 Tahun 2013.

diklat kepemimpinan tingkat iv

Latar Belakang Diklatpim IV

Latar belakang diadakannya diklatpim IV secara panjang lebar telah diuraikan dalam BAB I lampiran Perka LAN nomor 13 tahun 2013. Berikut poin-pin yang dapat penulis sajikan dari uraian latar belakang tersebut:

  • Bangsa Indonesia memiliki semua prkondisi guna mewujudkan visi negara yang ditandai dengan kekayaan alam melimpah, potensi SDM, peluang pasar besar, dan sistem demokrasi yang relatif stabil.
  • Prakondisi tersebut belum mampu dikelola secara efektif dan efisien oleh para agen pembangunan sehingga menjadikan bangsa Indonesia masih tertinggal dari kemajuan global.
  • Salah satu penyebab utama ketertinggalan tersebut adalah lemahnya kemampuan menuangkan visi negara, pem. pusat dan pemda ke dalam kebijakan strategis, di dalamnya termasuk lemahnya kapasitas dalam kepemimpinan implementasi kebijakan.
  • Jabatan eselon IV menjadi salah satu jabatan yang meminkan perana penting dalam perencanaan kegiatan dan dalam memimpin kegiatan pemerintahan secara efektif dan efisien.
  • Untuk membentuk sosok eselon IV yang mumpuni perlu diselenggarakan diklat kepemimpinan untuk PNS yang akan menduduki jabatan strukturl eselon IV.

Tujuan

Tujuan dari penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV : untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan dapat melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Kompetensi

Saat diklatpim IV kompetensi yang ingin dibaungun adalah kompetensi dalam kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut yang keberhasilannya diindikasikan dengan adanya berbagai kemampuan yang ada pada peserta seperti sikap karakter yang berintegritas, mampu membuat perencenaan kegiatan instansi, inovasi, dan sebagainya.

Kurikulum

Struktur Kurikulum

Guna mencapai kompetensi kepemimpinan operasional yang diperlukan oleh seorang pejabat eselon IV yang ideal, struktur kurikulum Diklatpim IV disusun menjadi lima tahap pembelajaran:

1. Tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi.

Tahapan dimana dilakukan penetuan area pengelolaan kegiatan organisasi yang akan mengalami perubahan.

2. Tahap taking ownership

Peserta diarahkan untuk membangun organizational learning atau kesadaran dan pembelajaran bersama tentang pentingnya reformasi di area organisasi yang bermasalah.

3. Tahap merancang perubahan dan membangun tim

Peserta dibekali pengetahuan membuat rancangan perubahan yang komprehensif untuk menuju kondisi yang ideal dari pengelolaan kegiatabn organisasi yang di inginkan.

4. Tahap laboratorium kepemimpinan.

Peserta akan menerapkan dan menguji kapasitas kepemimpinannya. Dalam tahap ini, perserta kembali ke tempat kerjanya dan memimpin implementasi proyek perubahan yang telah dibuatnya.

5. Tahap Evaluasi

Taha berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memimpin implementasi proyek perubahan.

Mata Diklat

Mata diklat dalam diklat ini disesesuaikan dengan tiap strukktur kurikulum yang telah di buat.

1. Mata Diklat Tahap Diagnosa KEbutuhan Perubahan
– Pilar-pilar kebangsaan
– integritas
– standar etika publik
– sistem administrasi NKRI
– Pembekalan isu aktual substantif lembaga
– diagnostic reading
– pejelasan proyek perubahan.

2. Mata Diklat Tahap Taking Ownership
– Caching
– Counselling

3. Mata Diklat Tahap Peruahan dan Membangun Tim
– kecerdasan emosi
– pengenalan potensi diri
– berpikir kreatif dan inovasi
– koordinasi dan kolaborasi
– membangun tim efektif
– benchmarking ke best practtice
– merancang proyek perubahan
– seminar presntasi proyek perubahan
– pembekalan implementasi proyek perubahan.

4. Mata diklat tahap laboratorium kepemimpinan

– coaching
– conselling

5 Mata Dikat Evaluasi

– seminar laboratorium kepemimpinan
– evaluasi

Persyaratan Peserta Diklatpim IV

Persyaratan

  • Bagi rekan-rekan yang akan mengikuti diklatpim harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Memiliki potensi untuk dikembangkan yang dibuktikan dengan dokumen yang sesuai (biasanya hasil assesment)
  • Telah memiliki kompetensi teknis sesuai dengan bidang jabatan sruktural yang akan diduduki, dibuktikan dengan dokumen yang sesuai.
  • Pangkat/golongan minimal Penata Muda Tk.I / III.b
  • Mampu berkomuniasi dengan bahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat Educational Testing Service Test of English for International Comunication (ETS TOEIC) dengan skor minimal 400 atau IBT TOEFL dengan skor minimal 30, atau IELTS dengan skor minimal 4, atau LAN ECSCS Test dengan score minimal 65.
  • Bagi peserta yang belum menduduki jabatan struktural eselon IV, direkomendasikan oleh Baperjakan instansi untuk menduduki jabatan struktural eselon IV tertentu dan diberikan kewenangan untuk melakukan perubahan pada unit kerja eselon IV tersebut.

Pencalonan dan Penetapan

  • Mekanisme pencalonan dan penetapan peserta diklatpim Tingkat IV dilakukan dengan prosedur berikut:
  • Calon peserta telah diseleksi oleh Tim Seleksi Peserta Diklat Instansi (TSPID), dan dicalonkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.
  • Pejabat Pembinan Kepegawaian menyampaikan calon peserta diklatpim tingkat IV kepada Kepala Lembaga Diklat Pemerintah yang terakreditasi.
  • Kepala Lembaga Diklat Pemerintah menetpakan peserta Diklatpim Tingkat IV dalam bentuk keputusan.

Penugasan

  • Peserta dari instasni pusat ditugaskan oleh Sekretaris Jendral/Sekretaris Menteri/Sekretaris Utama
  • Peserta dari Pemprov ditugaskan oleh Sekretaris Provinsi.
  • Peserta dari Kabupaten dan kota ditugaskan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota setelah koordinasi dengan gubernur.

Jumlah Peserta DiklatPim IV

Asal rekan-rekan ketahui jummlah peserta diklat kepemimpinan tingkat iv ini maksimal 30 orang perangkatan dengan minimal 50%nya berasal dari instasi lembaga penyelenggara diklat bersangkutan.



No Responses to “Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *