Enaknya Mengikuti Tugas Belajar PNS

Jika ditanya, apa sih enaknya PNS yang tugas belajar? Jawabannya banyak. Salah satunya adalah tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Padahal saat ini kita tahu bahwa biaya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tidaklah murah, justru bisa dikatakan semakin tinggi tingkat pendidikan yang akan kita capai, biayanya akan semakin mahal. Karena untuk dapat menyelesaikan sebuah pendidikan, seorang PNS harus melalui proses yang tidak sebentar, setidaknya butuh waktu dalam hitungan tahun. Meskipun untuk biaya proses pendidikan seperti biaya per semeseter murah, akan tetapi ada banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan, entah itu untuk penelitian atau sarana pendukung seperti buku atau alat tulis lainnya.

Maka dapat diakumulasikan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menyelesaikan pendidikan jika menggunakan dana pribadi. Sehingga dengan adanya program tugas belajar PNS sangat menguntunkan bagi para PNS yang memiliki ketertarikan untuk belajar dan melanjutkan pendidikannya. Hal ini juga menjadi solusi bagi seseorang yang terkendala dengan biaya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, untuk mengetahu apa saja enaknya PNS yang tugas belajar, berikut penjelasanya:

1. Kesempatan Naik jabatan

Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh seorang PNS yang mengikuti tugas belajar adalah memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka tidak menutup kemungkinan seorang PNS tersebut pun memiliki kesempatan lebih untuk bisa mendapatkan kenaikan jabatan. Hal ini memungkinan, karena salah satu persyaratan yang harus terpenuhi untuk mengisi posisi jabatan tertentu adalah pendidikan. Sehingga tidak heran jika banyak PNS berusaha untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi juga untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi pula. Dengan naiknya jabatan seseorang, maka secaratidak langsung juga akan merubah kehidupannya dari beberapa aspek, seperti aspek kesejahteraan. Karena dengan meningkatnya jabatan seorang PNS, maka materi atau pendapatan yang diperoleh juga akan meningkat, sehingga kesejahteraannya pun akan meningkat.

enaknya tugas belajar PNS

Baca Juga : Beda Tugas Belajar dan Ijin Belajar

2. Ilmu dan Pengetahuan serta Gelar

Dengan mengikuti tugas belajar secara serius dan fokus, maka secara tidak langsung seorang PNS juga akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan dengan saat sebelum mengikuti pendidikan. Selain itu, dengan menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa gelar tambahan di dalam nama Anda. Gelar ini menunjukan jenjang pendidikan Anda. Dengan ilmu dan pengetahuan serta gelar yang telah Anda miliki, secara tidak langsung wawasan Anda pun akan berubah lebih baik dari sebelumnya dan dengan hal tersebut, Anda pun akan mampu mengimplementasikan apa yang telah Anda dapatkan di pendidikan Anda ke dunia kerja Anda. Dengan demikian, Anda akan menjadi seorang PNS yang profesional di bidang yang Anda kerjakan. Hal ini akan membawa keuntungan untuk Anda, yaitu pekerjaan Anda akan terasa lebih mudah untuk dikerjakan. Selain itu, Anda pun dapat membawa pengaruh baik bagi lingkungan kerja di sekitar Anda. Akan ada banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa Anda bagi kepada rekan-rekan kerja di lingkungan kerja Anda.

3. Bebas Tugas dan Tanggungjawab

Satu hal lagi, enaknya PNS yang tugas belajar, yaitu bebas dari tugas dan tanggungjawab kerja selama mengikuti pendidikan. Inilah salah satu hal yang membedakan antara tugas belajar dengan ijin belajar. Seorang PNS yang mengikuti tugas belajar, maka dia akan benar-benar fokus untuk mengikuti proses pendidikan dan tidak memikirkan tugas serta tanggungjawab di tempat ia bekerja. Hal ini pula yang sangat disukai oleh para PNS yang mendapatkan kesempatan untuk bisa melaksanakan tugas belajar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pada dasarnya, adanya program tugas belajar merupakan sebuah kesempatan terbaik bagi semua Pegawai Negeri Sipil untuk bisa meningkatkan kemampuan serta jenjang pendidikannya. Bisa dikatakan kesempatan ini terbuka bagi semua Pegawai Negeri Sipil, karena setiap PNS memiliki hak yang sama, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan dan telah lolos dari seleksi yag diadakan oleh instansi.  Itulah beberapa yang bisa dirasakan PNS ketika mengikuti tugas belajar. Sekarang Anda tahu kan enaknya PNS yang tugas belajar?



2 Responses to “Enaknya Mengikuti Tugas Belajar PNS”
  1. Princesa January 18, 2016
    • wikipns January 18, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *