Fungsional Perawat Gigi dan Angka Kreditnya

Fungsional Perawat Gigi dan Angka Kreditnya – Salah satu rumpun jabatan fungsional yang ada dalam Keputusan Presiden nomor 87 Tahun 1999 adalah rumpun kesehatan (angka 7) yang di dalamnya terdapat jabatan fungsional keahlian perawat dan jabatan fungsional keterampilan asisten perawat. Fungsional perawat kemudian masih dibagi lagi menjadi bebrapa jabatan fungsional yang lebih khusus salah satunya adalah jabatan fungsional perawat gigi.

Jabatan Fungsional Perawat Gigi dan Angka Kreditnya

Apa itu Jabatan Fungsional Perawat Gigi?

Perawat gigi adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut. Dari definisi di atas ada tida kriteria utama perawat gigi yaitu PNS, diberitugas dan ditunjuk oleh pejabat yang berwenang, dan yang terakhir melakukan pelayanan asuhan kesehatan khusus untuk kesehatan gigi dan mulut.

Perawat Gigi Memiliki Kegiatan Utama Asuhan Gigi dan Mulut

Angka Kredit Fungsional Perawat Gigi

Adalah nilai dari setiap butir kegitatan/akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oelh seorang perawat gigi dalam rangka pmebinaan karier dalam kepangkatan dan jabatan. Angka kredit inilah yang menjadi saranan bagi fungsional untuk dapat naik jenjang dan naik pangkat lebih tinggi (jenjang karier).

Kedudukan dan Tugas Pokok Perawat Gigi

a. Kedudukan

  • Perawat gigi berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional pada unit kerja di lingkungan Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial(Sekarang Kementerian Kesehatan) dan Institusi/Unit Pelayanan Kesehatan di Luar Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.
  • Jabatan Perawat gigi hanya bisa diduduki oleh seorang PNS. Selain PNS tidak bisa menduduki jabatan fungsional tersebut.

b. Tugas Pokok

Seorang fungsional perawat gigi mempunyai tugas pokok melaksanakan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat yang ada di lingkungan Unit pelayanan kesehatan seperti di Poliklinik, Puskesmas, dan Rumah Sakit.

Unsur Kegiatan Perawat Gigi

Unsur kegiatan ini adalah aktivitas yang dilakukan oleh perawat gigi yang dapat dinilai menjadi angka kredit. ada 4 buah unsur kegiatan yang dapt dinilai menjadi angka kredit yaitu

1. Unsur Pendidikan
2. Unsur Playanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut.
3. Unsur Pengembangan Profesi seperti membuat karya tulis, buku, dan sebagainya.
4. Unsur penunjang seperti mengajar, seminar, menjadi anggota profesi di bidang rawat gigi, dan sebagainya.

Jenjang Jabatan dan Pangkat Fungsional Perawat Gigi

Jenjang jabatan perawat gigi hanya sampai pada fungsional terampil dengan rincian pangkat sebagai berikut:

a. Perawat Gigi Pelaksan Pemula

  • Pengatur Muda Gol. II.a

b. Perawat Gigi Pelaksana

  • Pengatur Muda Tk. I Gol II.b
  • Pengatur Gol. II.c
  • Pengatur Tingkat I Gol. II.d

c. Perawat Gigi Pelaksana Lanjutan

  • Penata Muda Gol. III.a
  • Penata Muda Tk. I Gol. III.b

d. Perawat Gigi Penyelia

  • Penat Gol. III.c
  • Penata Tk.I Gol. III.d

Angka Kredit Perawat Gigi

Apabila di suatu unit tidak terdapat perawat gigi yang jenjang jabatannya sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan di unit tersebut maka fungsional perawat gigi dengan jenjang satu tingkat di atas atau satu tingkat di bawah dapat melakukan kegiatan di unit tersebut dengan syarat ada penugasan tertulis atau sering disebut tugas limpah.

1. Angka Kredit untuk TUgas limpah ke atas adalah 80% dari AK seharusnya.
2. Angka Kredit untukk TUgas Limpah ke bawah adalah 100%

– Total angka kredit minimal yang dikumpulkan oleh seorang perawat gigi untuk dapat diangkat dalam jabatan atau untuk kenaikan jabatan / pangkat minimal 80% dari angka kredit tersebut harus berasal dari unsur kegiatan utama dan unsur penunjang maksimal 20%.

– Jika angka kredit minimal melebihi jumlah angka kredit yang diperlukan untuk kenaikan jenjang atau pangka maka kelebihannya akan diperhitungkan untuk kenaikan jenjang/pangka berikutnya.

– Jika pada tahun pertama dalam pangkat atau jabatannya seorang perawat gigi sudah bisa memiliki angka kredit melebihi angka kredit minimal untuk naik ke jenjang jabatan / pangkat lebih tinggi, maka pada tahun berikutnya diwajibkan minimal 20% dari jumlah angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan jabatan/pangkat setingkat lebih tinggi.

– Seorang perawat gigi penyelia (gol III.d) setiap bulannya diwajibkan mengumpulkan angka kredit minimal 10% berasal dari kegiatan unsur utama.

– Jika ada ada dua atau lebih perawat gigi yang secara bersama-sama membuat karya tulis maka angka kredit 60% diberikan kepada penulis utama dan 40% bagi semua penulis pembantu( maksimal 3 orang penulis pembantu)

Penilaian dan Penetapan Angka Kredit

– Penilaian angka kredit akan dilaksanakan apabila berdasarkan perhitungan sementara seorang perawat gigi telah memenuhi jumlah angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan jabatan/pangkat setingkat lebih tinggi.

– Penilaian prestasi kerja perawat gigi dilakukan sekurang-kurangny a4 kali dalam satu tahun yaitu 3 bulan sebelum periode kenaikan pangkat PNS.

– Pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit adalah:

  • a. Kepala Rumah Sakit atau Pimpinan Unit Pelayanan Kesehatan bila perawat bekerja pada RS atau UPK di Lingkungan Kemenkes.
  • b. Pimpinan Insatansi/ UPK bersangkutan atau pejabat yang ditunjuk untuk perawat yang bekerja pada instansi di luar kemenkes.
  • c. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi untuk perawat gigi yang bekerja pada UPK tingka provinsi.
  • d. Kepala Dinas Kabupaten/Kota untuk perawat yang bekerja pada UPK di tingkat kabupaten/kota.

– Pejabat penetap akan dibantu oleh tim penilai terkait yang memiliki masa kerja selama 3 tahun.

– Usulan penilaian dan penetapan angka kredit dilakukan oleh kepala bagian kepegawaian atau pejabat yang membidangi kepegawaian di unit perawat yang bersangkutan.

– Angka kredit yang telah ditetapkan tidak dapat diajukan keberatan dan hasil penetapan tersebut nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan kenaikan jabatan dan atau pangkat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.Selangkapnya tentang jabatan fungsional perawat gigi dan angka kreditnya bisa anda baca di Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 22/KEP/M.PAN/4/2001.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *