Gaji Pejabat OJK Sesuai Jabatan Yang Diembannya

Gaji pejabat OJK hingga saat ini dikategorikan sebagai gaji yang paling tinggi diantara lembaga lain di Indonesia. Bahkan dari data yang ada, gaji para petinggi di lingkungan Otoritas Jasa Keuangan bisa 4-5% lebih banyak daripada petinggi BI. Berikut adalah beberapa data terkait kisaran gaji yang diberikan pada para pejabat OJK.

Dewan Komisaris

Salah satu pejabat tertinggi di kalangan OJK adalah Dewan Komisaris, dimana kisaran gaji yang dikomunikasikan antara Departemen Keuangan serta Bank Indonesia mencapai 145 juta rupiah. Namun demikian, gaji tersebut dapat mengalami peningkatan setelah ditambah dengan berbagai tunjangan kinerja.

Gubernur Pelaksana

Jabatan tinggi lainnya yang terdapat di lingkungan OJK adalah Gubernur Pelaksana yang tingkatannya sama dengan Gubernur BI. Namun demikian, kisaran gaji yang didapatkan bisa 4% lebih tinggi daripada gaji maksimal yang diterima oleh seorang Gubernur BI. Jika gaji maksimal seorang Gubernur BI sekitar 166 juta per bulan, maka gaji seorang Gubernur Pelaksana OJK bisa mencapai 172 juta dan bisa lebih tinggi setelah dikombinasikan dengan berbagai tunjangan yang diberikan selama dinas.

gaji pejabat ojk

sumber: ratihsurachman.com

Deputi Gubernur

Jabatan pejabat lain yang ada di lingkungan OJK setara dengan seorang Deputi Gubernur BI. Seorang Deputi Gubernur OJK umumnya memiliki tanggungjawab untuk melakukan pengawasan keuangan terhadap berbagai instansi keuangan di Indonesia dan mengusulkan keputusan untuk menghindarkan keuangan negara dari inflasi atau masalah keuangan lainnya. Seorang Deputi Gubernur di lingkungan OJK memiliki gaji 4% lebih banyak daripada gaji Deputi Gubernur BI, jika gaji yang didapatkan petinggi BI tersebut hanya mencapai angka maksimal 124.3 juta rupiah, maka petinggi OJK di tingkatan yang setara memiliki take home pay mencapai 129 juta rupiah. Pastinya pendapatan tersebut masih dapat bertambah ketika ada tunjangan dinas yang didapatkan.

Direktur

Jika Anda bertanya, jabatan lain yang masuk dalam kategori petinggi di lembaga OJK, seorang Direktur yang menjalankan kebijakan dibawah pengawasan Deputi Gubernur menjadi salah satu jawabannya. Jika dibandingkan dengan pejabat BI di taraf yang serupa gaji bersih yang akan diterima seorang Direktur OJK bisa mencapai 83 juta rupiah atau sekitar 5% lebih tinggi dari gaji bersih Direktur BI yang hanya mencapai 78.8 juta rupiah. Namun demikian, gaji yang diberikan dapat lebih tinggi lagi mengingat adanya remunerasi serta berbagai tunjangan yang diberikan pada seorang Direktur OJK.

Deputi Direktur

Ketika perekrutan OJK dilaksanakan, seorang Deputi Direktur OJK umumnya diambil dari Bank Indonesia atau Departemen Keuangan yang dianggap mampu bekerjasama dengan Direktur OJK dalam melaksanakan kebijakan keuangan. Ketika dibandingkan dengan gaji petinggi BI di level yang sama, gaji Deputi Direktur OJK lebih besar 5% atau sekitar 54 juta rupiah. Namun demikian, gaji tersebut adalah kisaran maksimal dari seorang Deputi Direktur OJK dan hasilnya bisa lebih atau sedikit lebih kecil tergantung dari berbagai tunjangan yang diterima mulai dari tunjangan dinas, tunjangan kebijakan, hingga tunjangan lainnya.

Kepala Bagian

Ketika Anda bertanya petinggi OJK yang bekerja dibawah pengawasan Deputi Direktur OJK dan memiliki wewenang cukup banyak di bidang keuangan lembaga swasta, jawabannya adalah Kepala Bagian Divisi atau Manajer yang umumnya akan membawa pulang gaji sekitar 44 juta rupiah. Kisaran gaji tersebut lebih tinggi 5% dibanding Manajer BI yang memiliki wewenang kurang lebih sama. Namun pastinya ketika dipercaya menjadi seorang Kepala Bagian OJK, tanggungjawab yang dimiliki sedikit lebih besar dibanding lembaga keuangan lainnya, sehingga gaji yang bernilai fantastis pun dianggap layak diterima.

Deputi Kepala Bagian

Sebagai wakil sekaligus pendukung seorang Kepala Bagian, Deputi Kepala Bagian OJK juga memiliki fungsi penting dalam tugas dan tanggungjawabnya. Karena hal tersebut, gaji yang umumnya dapat dibawa pulang oleh seorang Deputi Kepala Bagian berjumlah 5% lebih besar daripada gaji pejabat BI di level yang sama. Umumnya gaji yang akan diterima seorang Deputi Kepala Bagian mencapai 33 juta rupiah, dimana besaran nilai tersebut masih dapat meningkat jika ditambah dengan tunjangan jabatan yang tersedia. Semoga bahasan mengenai gaji Pejabat OJKd iatas, bermanfaat untuk Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *