Gaji PNS di Jepang

Banyak orang yang tidak mengetahui, berapakah besar gaji PNS di Jepang yang tentunya sesuai dengan apa yang dikerjakan. Dan setelah mencari beberapa informasi, hal ini menjadikan seperti menertawakan negeri sendiri, dimana banyaknya orang yang menjadi PNS tetapi kualitas dan pelayanan yang dirasa kurang. Meskupiun terkesan lebih membandingkan situasi dan kondisi keadaan dengan Indonesia, tetapi hal ini patut dan layak untuk diketahui.Jepang yang merupakan negara yang mengutamakan kedisiplinan dan  juga etos kerja yang sangat tinggi. Di Jepang, PNS merupakan salah satu jabatan yang sangat terhormat dan membanggakan. Hal yang dianggap membanggakan adalah selain bisa mengabdi kepada negara juga dapat memberikan pelayanan terbaik. Sistem organisasi yang bagus dan tertata dengan rapih menjadikanstandar yang tinggi dan bisa mendapatkan gaji yang sesuai yang tentunya dengan kualitas dan kinerja para PNS di Jepang. Seleksinyapun dilakukan dengan cara yang rapih dan terstruktur dengan baik. Tidak ada istilah calo ataupun lolos seleksi karena adanya “orang dalam”.Dan hal tersebut banyak sekali terdapat di Indonesia.

 gaji pns di jepang

Hanya lulusan yang mempunyai kualifikasi terbaik yang diambil dan diseleksi secara ketat.  Tentunya hal ini menjadi salah satu contoh yang baik bagi kita untuk lebih meningkatkan kualitas, baik dari pegawai itu sendiri dan sistem yang ada pada saat sekarang ini.Meskipun begitu, gaji yang diperoleh tentunya sepadan dengan apa yang dikerjakan dan usaha yang dialkukan untuk menjadi pegawai negeri sipil. Pelayanan yang dilakukanpun tidak semata – mata hanya melayani tetapi ramah tamah juga dilakukan para pegawai yang berada di Jepang. Bekerja dengan giat dan rajin dan berusaha semaksimal mungkin tercermin dari sikap, baik itu tutur kata dan tindakan dalam melayani masyarakat di Jepang.

PNS di Jepang memperoleh gaji sekitar 200 yen atau berkisar 20 juta rupiah dan masih bisa mengalami kenaikan gaji. Tetapi, jumlah gaji tersebut masih termasuk dalam jumlah yang kecil karena biaya hidup yang tinggi. Tidak heran, banyak PNS yang bekerja dengan berangkat menggunakan sepeda ataupun alat transportasi umum. Untungnya adalah transportasi umum dan kondisi jalan yang tertata rapih bisa mendukung kinerja yang maksimal bagi PNS dalam melakukan tugasnya. Budaya tersebut seakan telah menjadi kebiasaan dan terbukti tidak berkurangnya kualitas PNS yang ada di Jepang.

Bandingkan dengan Indonesia

Di Indonesia sendiri sangatlah berbeda pemandangan ataupun pelayanan yang diberikan. Mulai dari jam kerja dan birokrasi yang tidak tertata rapi merupakan salah satu hal yang patut diperhatikan. Walaupun ada juga beberapa PNS yang bekerja dengan sepenuh hati dalam melayani masyarakat dengan baik tetapi perbandingannya terlampau jauh dengan para PNS yang bekerja tidak sesuai kualitas yang dibutuhkan. Karena mengingat banyaknya jumlah penduduk di Indonesia peran pemerintah sangatlah dibutuhkan dalam mengatasi masalah ini. Dan diharapkan dapat menanggulangi secara tepat dan tepat agar para PNS juga bisa bekerja dengan baik dan bisa mengabdikan diri kepada negara dengan sepenuh hati dalam melayani masyarakat.

PNS dan Pemerintahan

Kaitan yang sangat erat antara pegawai negeri sipil dan pemerintahan tidak bisa diragukan lagi. Mengatur birokrasi yang sehat dan bersih dirasa menjadi langkah awal untuk menjadikan bagaimana para PNS yang ada bekerja secara maksimal. Ijazah sebagai pegawaipun di Indonesia bisa didapatkan secara mudah dan tidak seperti di Jepang yang mendapatkan ijazah karena sesuai dengan kualitasnya. Perbedaan kualitas inilah yang menyebabkan bagaimana gaji PNS di Jepang yang begitu baik dibandingkan dengan dalam negeri.

Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan secara cepat. Harus melalui tahap demi tahap yang memerlukan waktu yang lama. Bukan hanya sekedar membalikkan telapak tangan, tetapi selain pemerintahan yang mengatur juga didukung oleh masyarakat dan para calon pegawai negeri sipil yang akan bekerja dapat meningkatkan standar yang ada sehingga kualitas pelayanan yang ada dapat meningkat. Dengan hal itu masalah gaji di Indonesia yang sering dipermasalahkan selama ini bisa hilang dan tentunya bisa sepadan dengan gaji PNS yang ada di Jepang.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi batu loncatan agar taraf hidup dan kinerja para PNS yang ada sekaligus tahu apakah yang menjadi dasar mengapa gaji PNS di Jepang sangat besar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *