Hal-hal Tak Terlupkan Ketika Masih CPNS

Hal-hal Tak Terlupkan Ketika Kamu Masih CPNS – Sebelum menjadi seorang PNS kamu bakal mengalami masa dengan menyandang status CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Saat-saat masa perjuangan CPNS ini kamu pasti mengalami hal-hal yang tidak terlupakan sebagai berikut:

1. Nungguin Terbit SK CPNS

Ketika kamu belum menjadi CPNS alias CCPNS (banyak C-nya). Kamu bakal ngalamain namanya nungguin terbitnya NIP dan SKCPNS. Penantian datanya Skep CPNS ini akan terasa sangat lama. Sehari bisa terasa seminggu dan seminggu bisa terasa sebulan. Bukan tanpa sebab. Soalnya, skep tersebutlah yang ditunggu-tunggu buat pencairan gaji dan atau tunjangan pertama kali. Jeleknya masa penantian ini sebagian besar tidak bisa diprediksi berapa lama. Keluarnya pasti lebih telah dari TMT CPNS yang sudah ditetapkan sama BKN. So, pasti pada harap-harap cemas.

2. Pakai Baju Non Pegawai (Hitam Putih)

hal hal tak terlupakan ketika cpns

Bagi CPNS yang baru masuk biasanya tidak langsung bisa disediakan pakaian sesuai pakaian seragam pegawai yang lain. Nah biasanya kita sebagai CPNS diminta memakai seragam multi guna. Buat pegawai bisa, buat cleaning service bisa, buat PKD juga bisa. Namanya seragam hitam putih (seniornya putih abu-abu). Uniknya mungkin di beberapa kantor seragam ini bakal mirip seperti seragamnya cleaning service atau satpam baru yang lagi OJT.. Nah lho, mana nih calon PNS dan mana nih CSnya?

3. Hidup Super Irit

Sewaktu masih CPNS kebanyakan kita pasti hidupnya super irit. Bagimana tidak, gaji masih 80% apalagi awal-awal mungkin masih belum menerima gaji, mana mungkin mau hidup glamour nonton tiap pekan. Beberapa dari kita pasti masih ada yang minta jatah sama orang tua dengan dalih gaji belum cair. Ada juga yang ngutang ke senior dengan janji dilunasi kalau sudah rapelan.

4. Gaji dan Tunjangan Pertama

Masih ingatkah kamu bagaimana rasanya menerima gaji pertama? Momen ini mungkin paling ditunggu-tunggu sama kamu dan tentu saja kreditor kamu juga. Gaji pertama akan cair ketika salinan SK CPNS sudah masuk di KPPN terkait. Meskipun gajinya masih 80% dari gaji PNS tetapi tetap harus disyukuri. Kamu ngga perlu lagi minta ke orang tua. Kamu juga bisa jajanin si doi.

5. Hore Rapelan!

Rapelan adalah pembayaran sekaligus gaji dan tunjangan yang tertunda sejak TMT CPNS hingga keluarnya skep CPNS. Semakin lama keluar skep CPNSnya maka semakin banyak rapelan gaji dan tunjangan yang diterima. Seneng banget pastiny waktu terima rapelan ini, apalagi yang nunggunya sampai berulang tahun. Yang dulu nerima rapelannya banyak pasti ada tuh yang langsung buat nikah.

6. Ngga Dapat Cuti Tahunan

Pasti kalian mengalamai yang namanya ngga bisa ambil cuti tahunan karena terikat peraturan. Jika pegawai lain yang sudah PNS bisa mengambil cuti tahunan di hari lebaran maka CPNS tida. Al hasil pulang paling lambat dan ngantor lagi paling cepat.

7. Fotocopy

CPNS pasti belum bisa langsung nyetel dengan kerjaan di unit penempatan masing-masing. So, biasanya pasti kerjaan wajib pertama adalah menggandakan dokumen a.k.a fotocopy. Kamu semua yang sudah PNS pasti pernah menggandakan dokumenn dengna mesin elektronik ini. Jangan salah fotocopy juga butuh ilmu so dinikmati saja sambil belajar

8. Bengong, ngga ada kerjaan

Beruntunglah kamu yang sewaktu CPNS langsung dikasih kerjaan. Soalnya, ada pasti diantara kalian yang sewaktu CPNS kerjaannya bengong saja tidak melakukan apapun. Hal ini banyak terjaedi di unit-unit kantor di daerah atau di pemda.

9. Diklat Prajabatan

CPNS sebelum menjadi PNS harus lulus diklat Prajabatan. Di diklat ini kamu pasti telah mengalami banyak hal yang berkesan mulai dari potong gundul, latihan fisik, belajar materi yang aneh bin ajaib, dan sebagainya. Jangan salah momen diklat prajabatan juga bisa jadi media mencari kenalan baru atau mungkin calon mama anaka-anak kamu. 😛

Itulah 9 hal yang mungkin tak terlupakan yang dialami saat masih menjadi CPNS. Jika kamu punya pengalaman menarik saat cpns, jangan ragu-ragu membaginya lewat kotak komentar di bawah. 😀



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *