Hore, Tahun 2016 PNS Mendapat Gaji 13 dan THR

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pada rapat resmi mengenai Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2015 menyampaikan bahwa jika selama ini pemerintah memberikan gaji 13 kepada PNS menjelang tahun ajaran baru. Mulai tahun 2016 nanti pemerintah akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) pula kepada PNS di seluruh instansi. Adapun besaran THR tersebut adalah satu kali gaji pokok pegawai.

Karena pada tahun 2016 PNS akan menerima THR, maka Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan menyatakan tidak akan menaikkan gaji PNS seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi kenaikan gaji pokok sebesar 6% seperti tahun sebelumnya tidak akan dirasakan oleh PNS lagi. Pemerintah berharap dengan dicairkannya THR bagi PNS, kinerja PNS dapat meningkat lagi. Kebijakan ini dianggap sangat menguntungkan semua PNS karena PNS tidak akan mengandalkan kenaikan gaji lagi pada setiap tahunnya.

Selain itu, pada tahun sebelumnya PNS tetap memperoleh potongan Tunjangan Hari Tua (THT) dari PT Taspen ketika ada kenaikan gaji pokok. Ketika terjadi kekurangan dana iuran, mau tidak mau pemerintah harus mengalah dan membayar kekurangan tersebut. Dari kejadian yang telah bertahun-tahun terjadi, pemerintah berharap mulai tahun 2016 nanti tidak ada dana tanggungan PT Taspen yang harus dibayar pemerintah lagi.

Perlu diketahui bahwa THR tidak hanya diberikan kepada PNS yang masih aktif bekerja. Para pensiun pun berhak memperoleh THR meskipun tidak full gaji pokok. Tapi kebijakan ini sudah lebih enak bukan?  Melalui dana tersebut para pensiun bisa menggunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga, hiburan, dan lainnya. Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan PNS dan pensiunan seraya membantu pemeirntah dalam mengurangi beban fiscal terhadap PT Taspen.

Dari kebijakan ini berarti mulai tahun depan PNS dapatkan 14 kali gaji. Ini merupakan pertama dalam sejarah bahwa PNS dapat THR seperti laiknya karyawan swasta. Meskipun kenaikan gaji dihapus dan diganti dengan pemerintah anggarkan THR untuk PNS dan pensiunan, kebijakan ini sangatlah bombastis. Pasalnya, adanya kebijakan gaji ke-13 saja PNS sudah sangat terbantu. Apalagi jika gaji ke 14 atau THR ini benar-benar diriilkan, tentu para PNS akan lesangat lebih terbantu.

Ketika PNS dapat gaji ke-13 plus THR, harapannya PNS tidak semakin terbuai dalam kenyamanan tapi justru tertantang untuk bertanggung jawab atas amanah yang menjadi tugasnya sebagai abdi negara. Jangan sampai para PNS merasa pada zona nyaman yang melupakan tugas dan tanggung jawabnya sementara pemerintah selalu memberikan celah untuk meningkatkan kesejahteraan pada setiap tahunnya.



4 Responses to “Hore, Tahun 2016 PNS Mendapat Gaji 13 dan THR”
  1. Wied Efect August 18, 2015
  2. Wied Efect August 18, 2015
  3. isman purwanto September 3, 2015
    • wikipns September 7, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *