Info Menyesatkan Jadwal Seleksi CPNS 2015

Kemendikdasmen Upayakan Rekrutmen CPNS Guru 2015Akhir-akhir ini banyak media sosial yang menginfokan jadwal seleksi CPNS 2015. Mereka berlomba-lomba menyampaikan informasi waktu pelaksanaan disertai lembaga penyelenggara sampai latihan soal-soal yang sekiranya akan banyak dicari oleh calon peserta seleksi CPNS. Alasannya pun beranekaragam. Hal ini tentu membingungkan banyak orang. Dalam kondisi berkecamuk ingin memperoleh info resmi justru mereka dibingungkan oleh keaneragaman isi artikel dari berbagai website.

Dengan motto “Integritas, profesional, akuntabel”, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menegaskan dalam Surat Edaran MenPANRB baru-baru ini bahwa seleksi CPNS 2015 ditunda. Melalui rumor yang banyak beredar tersebut, kementerian PANRB berharap masyarakat tidak mudah termakan isu. Apalagi sampai terbawa para “calo” yang hanya memanfaatkan kebutuhan masyarakat.

Perlu diketahui bahwa Menteri Yuddy Chrisnandi telah menegaskan akan membatalkan status CPNS peserta yang ketahuan menggunakan “calo” atau “nyogok”. Pasalnya CPNS yang “nyogok” secara tidak langsung pasti punya cita-cita ingin menjadi orang kaya. Hal ini terlihat dari langkah awal yang dipilih oleh calon peserta. Ambisi yang disertai dengan perilaku  negatif bisa jadi menjadi cikal KKN di masa yang akan datang. Karena telah mengeluarkan uang besar, seorang PNS akan memanfaatkan jabatannya untuk mendapatkan uang yang tidak menjadi haknya untuk mengembalikan uang yang sebelumnya telah dikeluarkan.

Menghadapi kabar burung seleksi CPNS 2015 yang banyak beredar, Kepala Bagian Komunikasi Publik dari KemenPANRB beberapa hari yang lalu telah melakukan pengecekan di Panselnas terkait info pendaftaran CPNS 2015. Dari monitoringnya, sampai saat ini Panselnas belum ada rencana untuk membuka pendaftaran CPNS 2015 apalagi mengeluarkan formasi-formasi di berbagai kementerian atau pemerintah daerah. Masyarakat siap waspada atas info-info yang tidak dapat dipertanggungjawabkan tersebut.

Apabila tersiar info pendaftaran CPNS 2015 dari media yang tidak valid, kemenPANRB meminta partisipasi masyarakat untuk melaporkan jika ada info-info yang sekadar kabar burung belaka. Perlu adanya konfirmasi atas berita yang meresahkan ribuan pejuang muda yang ingin bertarung dalam ladang seleksi CPNS.

Salah satu cara mengecek keaslian info seleksi CPNS adalah melalui checking website. Calon peserta dapat membuka website www.menpan.go.id atau website pemerintah daerah penyelenggara melalui situs BKD setempat  terkait info pendaftaran CPNS 2015. Jika dalam website resmi tersebut belum ada info dapat dipastikan berita yang disiarkan media sosial dan situs abal-abal itu hanya info palsu. Untuk memastikan calon peserta juga dapat menanyakan secara langsung atau melalui telepon ke instansi setempat.

Berita kabar burung atau biasa disebut hoax akan lebih baik untuk tidak perlu ditanggapi. Alasan penundaan seleksi CPNS 2015 sudah dijelaskan KemenPANRB bahwa ANJAB dan ABK yang belum beres merupakan alasan terbesar penundaan CPNS pada tahun ini. Maka, bagi pihak yang tahu hendaknya bisa menyebarluaskan info menyesatkan terkait pembagian jadwal seleksi CPNS yang tidak jelas asal-usulnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *