Jika Disuruh Pilih PNS Atau Swasta, Apa Yang Akan Anda Pilih?

Setiap orang ingin hidupnya mapan dan nyaman. Namun kadang untuk menuju kearah tersebut, anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah dimana anda akan bekerja. Di benak anda akan terbesit apakah pilih PNS atau swasta?

PILIH PNS ATAU SWASTA

Hal tersebut wajar terjadi mengingat kedua-duanya memiliki berbagai kelebihan. Sebagai contoh jika anda bekerja sebagai PNS maka anda akan mendapat berbagai jaminan seperti kesehatan hingga jaminan masa tua. Sedangkan jika anda berniat bekerja di swasta, maka peluang untuk masuk di perusahaan tersebut sangat besar. Kadangkala gaji yang ditawarkan juga lebih besar sesuai dengan pendidikan yang telah anda capai.

Dalam soal pilih PNS atau swasta, kadang orang tua kita ikut turut serta menyuarakan aspirasinya. Dan kebanyakan mereka akan menyuruh kita untuk bekerja sebagai PNS. Sudah menjadi keumuman bahwa untuk menjadi PNS bukanlah persoalan yang gampang. Ada berbagai persyaratan yang sangat banyak. Mulai dari menyiapkan syarat kelengkapan berupa surat keterangan dari kepolisian, kartu tanda pencari kerja hingga spesifikasi pendaftaran yang harus sesuai dengan jenjang sekolah kita.

Setelah anda menyiapkan semua itu, anda harus mengikuti berbagai tes yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat. Kadangkala jenjang sekolah anda tidak terdapat formasi lowongannya di daerah sekitar tempat tinggal anda. Kadang anda harus mendaftar di luar kota bahkan luar pulau. Dengan demikian anda harus menyiapkan fisik dan juga mental untuk bersaing dengan beribu-ribu peserta yang juga akan mengikuti tes yang sama.

Setelah semuanya itu, anda tinggal berharap untuk bisa lolos PNS. Namun kadang selalu ada jalan pintas untuk bisa masuk PNS. Banyak dari oknum-oknum pemerintah yang menawarkan bahwa mereka bisa meloloskan anda menjadi PNS. Dengan menyetor modal yang sangat besar, mereka mampu mengiming-imingi anda dengan segudang kemudahan jika sudah menjadi PNS. Tapi tidak semuanya benar-benar meloloskan anda sebagai PNS, bahkan anda bisa tertipu mentah-mentah. Anda tentu akan gigit jari akhirnya, bahkan bisa menjadi stress.

Jika anda dihadapkan untuk pilih PNS atau swasta, sebenarnya sama saja. Kedua-dua memberikan kontribusi untuk kehidupan anda sehari-hari ataupun dalam jangka panjang. Untuk anda yang ingin berkarir, anda bisa memilih bekerja di perusahaan swasta. Gaji yang lumayan besar bisa anda siasati untuk kehidupan jangka panjang anda dengan cara menabung atau dengan mengikuti asuransi. Dengan begitu secara keuangan di masa yang akan datang, anda sudah tidak perlu khawatir.
Melihat perkembangan perusahaan swasta yang berkembang dengan cepat, karir anda pun bisa meningkat dengan cepat juga. Anda yang awalnya hanya pekerja atau karyawan biasa, bisa dengan cepat menjadi supervisor atau bahkan manajer. Semua itu membutuhkan kerja keras dan kecerdasan dari anda.

Pilih PNS atau swasta jika dilihat dari segi etos kerja, sebenarnya lebih disiplin perusahaan swasta. Hal ini karena perusahaan swasta menerapkan sistem kerja yang sangat ketat sehingga jarang terjadi ada karyawan yang membolos di hari kerjanya. Berbeda halnya dengan PNS, kadang pegawai pemerintahan tersebut bisa dengan mudah tidak masuk kerja, sedangkan gaji atau pendapatan mereka tetap mengalir dan tidak dipotong.

Jadi apakah anda pilih PNS atau swasta itu adalah hak diri pribadi anda sendiri. Dengan sikap positif anda, anda bisa jadi PNS teladan atau karyawan swasta yang handal.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *