Kabar Gaji 13 Dipastikan Cair Juli 2015

Kabar gaji 13 dipastikan cair bulan Juli tahun 2015. Hal ini didasari oleh PP Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketuga Belas dalam Tahun Anggaran 2015 kepada Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan. Berita ini seperti embun yang menyapu wajah PNS di pagi hari. Bagaimana tidak? Info pencairan gaji 13 selama ini menjadi gonjang ganjing yang tidak jelas. Banyak media yang memberitakan gaji 13 tidak akan cair karena negara sedang mengalami defisit anggaran. Ada pula yang memberitakan gaji 13 belum jelas akan cair kapan. Dengan telah resmi ditandatangani PP No. 38 Tahun 2015 oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 4 Juni 2015 kemarin, berarti keberadaan gaji 13 kini sudah jelas.

Adapun besaran gaji ketiga belas juga sudah dipastikan meliputi gaji pokok dan tunjangan-tunjangan tanpa dikurangi potongan yang biasanya mengikuti gaji PNS setiap bulannya. Jadi bagi PNS yang memiliki potongan pribadi misal potongan bank bisa bernapas lega akan menerima gaji penuh di gaji tiga belas ini. Gaji 13 sama dengan gaji bulan Juni 2015 sebelum dikurangi potongan-potongan.

Sedangkan kapan gaji 13 akan cair sudah dipastikan sekitar bulan Juli 2015. Dasar pertimbangannya adalah bulan Juli bersamaan dengan masa liburan anak sekolah sehingga bagi PNS yang memiliki anak sekolah dapat memanfaatkan gaji 13 itu untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak. Namun karena masa liburan di tahun ini bersamaan dengan masa mendekati lebaran maka disarankan para PNS bisa lebih bijak dalam membelanjakan penerimaan di bulan Juli.

Aura konsumtif di bulan puasa tidak bisa dihindari. Walaupun puasa di siang hari tapi tidak dapat dipungkiri pengeluaran di bulan puasa lebih besar dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Bulan puasa lebih mengajak orang-orang untuk makan enak ketika “buka dan sahur”. Setelah puasa di tengah teriknya matahari, banyak orang ingin makan enak, minum segar, dan buah lengkap di saat buka. Begitu pula ketika sahur, ┬ámenu yang enak pun menjadi alasan agar puasa bisa lebih nikmat. Padahal tidak seharusnya demikian karena puasa tidak sekadar fisik semata. Kondisi inilah yang dikhawatirkan jika gaji 13 yang diberikan pemerintah tidak dapat dibelanjakan sesuai pada tempatnya.

Masih lagi dengan suasana lebaran yang identik dengan baju baru, sepatu baru, perhiasan baru, gadget baru dan makanan enak tentu tidak membutuhkan sedikit biaya. Bahkan seringkali banyak belanjaan di luar perencanaan. Jika hal ini sampai terjadi, bisa jadi justru keperluan anak sekolah dikesampingkan. Padahal salah satu tujuan dihadirkan gaji 13 adalah untuk membantu PNS menghadapi tahun ajaran baru. Seperti biaya masuk sekolah, keperluan alat tulis, serta pemenuhan kebutuhan pokok lainnya.

Lalu, adakah trik dalam membelanjakan gaji 13 dengan bijak?

Ada beberapa trik yang bisa dicoba rekan-rekan PNS agar gaji 13 yang diterima dapat dibelanjakan dengan bijak:

1. Pastikan jumlah gaji 13 yang kira-kira akan diterima di tahun ini

2. Buat skala prioritas pembelanjaan. Jika sudah memiliki anak sekolah, tentu yang menjadi prioritas adalah biaya sekolah di tahun ajaran baru dan memenuhi kebutuhan sekolah seperti membeli buku, tas, dan sepatu.

3. Jika ingin berbelanja usahakan membeli barang sesuai kebutuhan dan kemampuan. Artinya, pembelian barang tidak boleh berlebihan.

4. Jika memungkinkan sisihkan sebagian gaji untuk ditabung.

Semoga bermanfaat.

Download PP No. 38 Tahun 2015

PP No.38 Tahun 2015



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *