Kabar Kenaikan Gaji PNS 2015 dan Gaji ke-13

Kabar Kenaikan Gaji PNS 2015 dan Gaji ke-13 – Kabar ini bisa jadi angin segar bagi seluruh abdi negara atau PNS di Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah memberikan instruksi agar segera dicairkannya gaji ke-13. Instruksi ini disampaikan presiden pada rapat terbatas hari Rabu tanggal 3 Juni di kantor di istana negara. Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi menyampiakan bahwa posisi saat ini sedang dilakukan tahapan administrasi teknis terkait pencairan gaji ke-13. Semua dokumen yang dibutuhkan sudah di teken oleh pihak kementerian hanya tinggal menunggu PP ditandatangani oleh Bapak Joko Widodo.

Gaji PNS 2015

Gaji PNS 2015

Berikut kutipan wawancara wartawan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

“Administrasi teknis untuk pencairan sudah dilaksanakan, Pak Presiden juga sudah memeberikan perintah agar Gaji ke 13 bisa cair pada bulan puasa ini sehingga para PNS memiliki cukup uang untuk kebutuhan bulan puasa, seluruh proses administrasinya sudah saya tanda tangani semua.”

Menteri kelahiran asli Bandung ini menambahkan, “Proses dan berkasnya (untuk pencairan gaji ke-13) banyak. Bartumpuk-tumpuk, dan sudah diajukan ke Presiden, semoga dalam waktu dekat Presiden tinggal memberikan persetujuan saja, bisa dibilang secara prinsip sudah selesai.”

Senanda dengan apa yang disampaikan Bapak Yuddy Chrisnandi, Menurut Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan pencairan gaji ke-13 sudah mendapat lampu hijau (persetujuan) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Proses selanjutnya adalah di Sekretariat Negara (Setneg) untuk dapat di tandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Kenaikan Gaji PNS 2015

Seperti informasi yang penulis dapat dari JPNN.com, pada bulan Juni ini semua PNS akan memperoleh rapel atas kenaikan gaji pokok sebesar 6% yang dihitung sejak awal tahun 2015. Jadi PNS akan mendapatkan rapel kenaikan gaji sebesar 6% untuk 6 bulan. Waktu realisasi pencairan rapel gajii ini sama seperti tahun 2014. Akan tetapi terkait besaran kenaikan gaji di 2015 ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2014. Di tahun 2014 untuk PNS gol. I sampai dengan gol. III mendapatkan kenaikan gaji pokok 10% dan PNS golongan IV sebesar 6%. Untuk kenaikan gaji PNS tahun 2015 flat pada persentase 6%. Kabar terakhir yang penulis dapat, RPP tentang kenaikan gaji ini sudah diusulkan ke Presiden.

Perlu pembaca ketahui bahwa setiap tahun Menpan-RB telah mengajukan kenaikan gaji PNS pada kisaran 10-15%. Akan tetapi realisasinya tetap harus mempertimbangkan jumlah anggaran yang tersedia. Artinya, disini akan ada kajian lebih lanjut oleh Menteri Keuangan (Direktorat Jenderal Anggaran).

Peraturan Pemerintah tentangĀ  gaji PNS di tahun 2015 ini memang sudah ditunggu-tunggu kapan terbitnya. Di tahun 2014 ketentuan tentang hal serupa diatur dengan Peraturan Pemerintah nomor 34 Tahun 2014 yang besarannya naik sebesar 10% dan 6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lebih lanjut tentang besaran gaji PNS 2014 bisa anda baca di PP 34 Tahun 2014.

Berapapun besaran kenaikan gaji PNS 2015 menurut PP yang baru nantinya, yang pasti nominal tersebut akan sangat berarti buat seluruh PNS di Indonesia khususnya bagi Instansi yang belum memperoleh tunjangan kinerja.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *