Kenaikan Gaji PNS 2016 Digantikan THR

Gaji PNS 2016 sudah resmi diputuskan oleh pemerintah tidak akan dinaikkan. Ketetapan ini berlaku bagi semua PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang ada di semua lokasi Indonesia. Meskipun gagal medapat kenaikan gaji, akan tetapi pemerintah sendiri menyebutkan bahwa kenaikan gaji tersebut nantinya akan diganti dengan adanya pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) dengan angka yang mencapai 1 kali upah pokok. Ini sudah barang tentu berada di luar upah ke 13 yang diterima oleh PNS hingga kini. Hal ini dilakukan karena memang ketetapan ini dinilai lebih efektif.

Selain dari sejumlah aparatur negara yang sekarang ini masih tetap aktif, pemerintah sendiri sudah berencana untuk memberikan Tunjangan Hari Raya ini kepada sejumlah pensiunan PNS dan juga TNI atau Polri. Namun meskipun demikian jumlah yang dapat mereka (pensiunan) terima memang tidak penuh.

Gagal naik gaji tetap peroleh 14 kali gaji

Dengan diturunkannya kebijakan ini maka sudah dapat dipastikan bahwa para PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun TNI atau Polri akan membawa total 14 gaji meskipun tidak ada kenaikan gaji. Terkait dengan adanya kenaikan gaji PNS 2016yang akhirnya dihapuskan sendiri menurut pihak Menteri Keuangan adalah karena pemberian Tabungan Hari Raya (THR) ini sendiri memiliki besaran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kenaikan gaji yang dijanjikan kepada para Pegawai Negeri Sipil.

Baca Juga : Tabel Gaji PNS Tahun 2015

kenaikan gaji pns 2016Sehingga jika dihitung-hitung, maka besarnya gaji yang nantinya akan Anda terima lebih besar dari kenaikan gaji yang biasanya. Alasan dari pemerintah guna memberikan Tabungan Hari Raya kepada para Pegawai Negeri Sipil ditujukan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan kepada aparatur yang bertugas bagi negara serta juga untuk selalu memacu produktivitas mereka yang sudah tentu dapat menjadi lebih giat melayani pemerintah dan masyarakat dengan lebih baik lagi.

Dicanangkan bagi para pensiunan

Kebijakan pemerintah tersebut sepertinya juga akan dicanangkan bagi para pensiunan, akan tetapi untuk berapa besar jumlahnya memang masih belum dapat dipastikan. Tentu saja ini dikarenakan di saat Pegawai Negeri Sipil memperoleh kenaikan gaji pokok, dimana para pensiunan kedepannya juga hanya mendapat kenaikan gaji dengan jumlah yang tidak sebesar para PNS yang sekarang ini masih bekerja.

Hadirnya kebijakan dengan menghapuskan kenaikan gaji untuk PNS di tahun 2016 serta memberikan Tabungan Hari Raya memang untuk pertama kalinya. Hal ini dikarenakan umumnya Tabungan Hari Raya akan lebih identik dengan kalangan swasta.

Bukan hanya itu, pemberian THR ini sendiri tentu dikarenakan adanya unfunded yang sering ditemukan pada Taspen. Unfunded ini sendiri merupakan kekurangan dana Taspen guna menutupi pensiunan PNS. Pastinya ini tidak akan merugikan bagi para Pegawai Negeri Sipil meskipun kenaikan gaji PNS 2016 gagal dinaikkan.



3 Responses to “Kenaikan Gaji PNS 2016 Digantikan THR”
  1. Muhammad Abduh M. Torano October 15, 2015
    • wikipns October 23, 2015
  2. puguh ibrahim October 23, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *