Mempelajari Struktur Dasar Kenaikan Pangkat TNI

TNI atau disebut juga Tentana Nasional Indonesia. Tentara Nasional Indonesi memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. bermula dari sebuah organisasi yang dinamakan TKR yang kemudian siring dengan berjalannya waktu namanya diganti dengan nama TNI. TNI pernah juga digabungkan bersama dengan polri yang kemudian di sebut dengan ABRI. Tapi hal ini tidak berlangsung lama karena saat ini TNI, POLRI dan ABRI merupakan 3 lembaga yang berbeda. TNI memiliki 3 anak yang disebut dengan TNI AD yaitu TNI Angkatan Darat, TNI AU yaitu TNI Angkatan Udara, dan TNI AL yaitu TNI angkatan Laut.

Dalam tubuh TNI tentu saja ada tingkatan tingkatan jabatan yang disebut dengan Pangkat. Pangkat inilah yang akan membedakan posisi seorang TNI dengan TNI lainnya berdasarkan lokasi penempatan dan juga pebutuhan jabatan. Untuk setiap pangkat pada tubuh TNI memiliki waktu tersendiri. Yang dimaksud disini adalah setiap anggota TNI akan mendapatkan kenaikan pangkat seseuai dengan lama dia menjabat dan juga karena prestasi.

Kenaikan pangkat reguler

sistem kenaikan pangkat TNISalah satu jenis kenaikan pangkat di dalam tubuh TNI adalah Kenaikan pangkat TNI reguler. Kenaikan pangkat ini merupakan apresiasi dari pemerintahan kepada anggota TNI. Kenaikan pangkat ini diberikan pada anggoa TNI yang sudah mencapai waktu pengabdian tertentu dan juga telah memenuhi persyaratan untuk mengalami kenaikan jabatan. Kenaikan pangkat reguler ini diberikan pada anggota TNI setiap 4 tahun sekali. Jika mereka yang tidak mengalami masalah administratif dan penundaan jabatan akan mendapatkan giliran jabatan sesuai dengan lama waktu mereka mengabdi.

Baca Juga : Kenaikan Pangkat Otomatis PNS

Setiap tubuh TNI tentu saja terdiri dari jabatan jabatan yang digunakan sebagai level pemegang perintah dari yang tertinggi hingga tersendah. Susunan dari pangkat anggota TNI dimulai dari Letda, seorang berpangkat Letda akan menndapatkan kenaikan jabatan menjadi Lettu setelah masa jabatan 3 tahun. Seorang anggota yang memiliki pangkat Lettu akan naik menjadi Kapten setelah mengalami masa jabatan selama 6 tahun. Kapten menjadi Mayor membutuhkan waktu 11 tahun, kemudian Mayor di angkat sebagai Letkol ketika masa jabatan sudah mencapai 15 tahun, Letkol menjadi Kolonel membutuhkan waktu 19 ahun dan Kolonel menjadi Pati Bintang 1 ketika sudah menjabat 23 tahun.

Kenaikan pangkat khusus

Kenaikan pangkat TNI yang satu ini merupakan sebuah anugrah. Kenaikan pangkat ini meliputi

a. Kenaikan Pangkat Medan Tempur

Kenaikan pangkat medan tempur dianugerahkan pada prajurit prajurit yang secara pemberani mengambil tugas yang bukan tugasnya dalam medan tempur dan juga pertahanan negara. Mereka yang berani menjalankan misi dengan sukses ini akan diberikan Pangkat Medan Tempur

b. Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Sedangkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa akan didapatkan oleh prajurit yang memiliki misi khusus dan berhasil menjalankannya meskipun dengan pertaruhan nyawa dan raganya

c. Kenaikan Pangkat Penghargaan

Yang terakhir adalah kenaikan pangkat penghargaan. Kenaikan pangkat penghargaan diberikan pada anggota TNI yang telah berada pada masa akhir jabatannya. Penghargaan ini diberikan sebagai tanda jasa telah melayani negara dengan baik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *