Perkiraan Gaji Pegawai PLN Tahun 2015

Gaji pegawai PLN dapat dikategorikan sebagai gaji pegawai yang paling tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan BUMN lainnya. Hal tersebut dianggap wajar diberikan karena resiko kerja pegawai yang dianggap lebih tinggi dari perusahaan BUMN lain, terutama kaitannya dengan kelistrikan. Selain itu besaran gaji karyawan PLN semua jenjang dikategorikan tinggi karena berbagai hal seperti:

  • Bonus perusahaan yang dibagikan kepada karyawan sesuai jenjang berdasarkan hitungan laba rugi perusahaan,
  • Kemungkinan para pegawainya untuk dapat mengambil gaji sebanyak 20 kali dalam 12 bulan. Hal tersebut tentunya akan terasa sesuai dengan beban kerja yang harus ditanggung.

Namun selain hal diatas, ada beberapa hal yang juga mendasari perolehan gaji berbeda pada masing-masing orang di divisi PLN, antara lain:

gaji pegawai pln

pegawai PLN

Strata pendidikan

Ketika Anda membicarakan masalah gaji khususnya pada pegawai PLN, salah satu pertimbangan yang membedakan perolehan gaji adalah strata pendidikan. PLN selalu menerima tenaga kerja mulai dari jenjang SMA/SMK hingga S2 baik yang pengalaman ataupun fresh graduate tentunya dengan pertimbangan penguasaan kelistrikan pada masing-masing individu.

Oleh karena itu, standar gaji yang diberikan terkait lulusan adalah sekitar 2.7 hingga 3.3 juta rupiah untuk lulusan SMA/SMK, 4,7 hingga 5.3 juta rupiah untuk jenjang D3, serta minimum 5,7 juta untuk jenjang S1. Sedangkan untuk jenjang pendidikan S2 yang masuk dalam perusahaan PLN, sistem penggajian disesuaikan dengan pengalaman yang sudah dimiliki sebelum bergabung dan besarannya minimum sekitar 10 juta rupiah.

Divisi Penempatan

Satu hal lagi yang umumnya membedakan gaji pegawai meski strata pendidikan sama adalah divisi penempatan dan wilayah. Dalam perusahaan PLN, divisi Quality control untuk standar pegawai baru bisa menerima gaji diatas 5 juta rupiah untuk standar S1 dan hal tersebut dapat dikatakan hampir sama dengan pendapatan yang diterima oleh pegawai PLN yang menempati divisi legal atau yang berhubungan dengan kerjasama perusahaan.

Hal yang berbeda dapat ditemui di divisi keuangan PLN yang akan mendapatkan gaji pokok minimum Rp 5.700.000,00 disamping penambahan bonus lainnya. Namun demikian, meski berada di divisi yang memiliki tugas serupa, bisa jadi gaji yang diterima pegawai PLN yang bersangkutan lebih besar, karena penempatan yang diterapkan. Hal yang dimaksud adalah penempatan area, dimana kebanyakan pegawai PLN yang ditugaskan di luar pulau Jawa akan mendapat tunjangan yang lebih besar dibanding pegawai yang berada di lingkup pulau Jawa.

Jabatan

Satu lagi kenyataan yang akan membuat Anda ingin mendaftar menjadi pegawai PLN adalah jabatan yang Anda emban selama menjadi pegawai. Untuk karyawan fresh graduate dengan sistem ODP umumnya harus mengikuti pelatihan sekitar 6-12 bulan sebelum kemudian mendapatkan penghasilan penuh sekitar 5.5-5.7 juta rupiah untuk jenjang S1 dan sekitar 10-20% dibawah S1 untuk penghasilan jenjang D3.

Dalam perusahaan PLN, untuk karyawan setara supervisor, gaji yang dapat diterima mulai dari 12-15 juta, sedangkan untuk level manajer bisa mencapai 25 juta. Gaji yang tertinggi umumnya diraih oleh jabatan direktur PLN yang bisa mencapai 150 juta rupiah dan pastinya gaji tersebut belum termasuk tunjangan yang didapat selama jabatan. Setelah Anda mengetahui pola perhitungan gaji khususnya pegawai PLN, jika Anda berminat untuk bergabung kedalamnya, Anda harus memikirkan beberapa hal terkait tes masuk PLN, seperti:

  • Jenjang pendidikan dan jurusan
    Ketika Anda berniat masuk di PLN, pastikan Anda sudah menempuh jurusan yang tidak akan ditolak untuk ikut serta proses seleksi seperti jurusan teknik mesin, teknik elekro, kelistrikan, dan sebagainya. Karena jika jurusan yang Anda miliki tidak sesuai tentunya keinginan bergabung sebagai pagawai PLN tidak akan terpenuhi. Dalam hal ini semakin tinggi jenjang studi yang Anda tempuh akan meningkatkan potensi Anda dalam persaingan di pemilihan tenaga kerja.
  • Kesiapan sistem tes
    Sebelum masuk dan menjalani training di PLN, Anda tentu akan menjalani serangkaian tes yang berhubungan dengan kepegawaian mulai dari kemampuan bahasa inggris, tes intelegensi, interview, hingga tes kesehatan, sehingga dalam hal ini, kesiapan mental dan fisik sangat diperlukan. Semoga bahasan diatas menambah pengetahuan Anda tentang gaji pegawai PLN.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *