Persetujuan Prinsip Penyesuaian Tunjangan Kinerja Polri

Selain telah mengeluarkan ijin prinsip penyesuaian dan pemberian tunjangan kinerja di 13 Kementerian/ Lembaga, Menteri Keuangan dikabarkan juga telah mengeluarkan ijin prinsip terkait penyesuaian tunjangan kinerja di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Persetujuan Prinsip Menteri Keuangan ini adalah salah satu tahap yang harus dipenuhi dalam proses penyesuaian dan pemberian tunjangan kinerja bagi sebuah kementerian / lembaga.

Setelah mendapatkan ijin prinsip ini nantinya proses kenaikan tunjangan kinerja akan berlanjut pada pembuatan dan penetapan peraturan presiden dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari DPR. Jika nantinya akan ada tambahan pagu anggaran maka harus dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan badan anggaran DPR.

Sebelum terbitnya ijin prinsip dari Menteri Keuangan ini terlebih dahulu telah dilakukan kajian, pemetaan, dan anlisis terhadap berbagai hal oleh Direktorat Jenderal Anggaran seperti Jumlah pegawai, efisiensi anggaran, kemungkinan dampak fiskal, pembuatan sekanario dan simulasi kenaikan tunjangan hingga sampai pada rekomendasi Direktur Jenderal Anggaran Kepada Menteri Keuangan.

Menilik remunasi ditubuh POLRI, sebenarnya sudah hampir 5 tahun belum dilakukan penyesuaian atau revisi atas remunerasi yang diberikan pada tahun 2010. Remunerasi polri diberikan pertama kali pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono melalui peraturan presiden nomor 73 Tahun 2010 dan sampai saat ini belum pernah dilakukan penyesuaian besarannya.

Baca : Besar Tunjangan Kinerja Polri era SBY

Berikut kemungkinan besaran tunjangan kinerja POLRI yang baru yang telah mendapatkan persetujuan prinsip dari menteri keuangan:

kemungkinan besaran tunjangan polri 2015

Jika dibandingkan dengan tunjangan kinerjan POLRI sebelumnya berdasarkan Peraturan Presiden nomor 73 tahun 2010 terjadi kenaikan tunjangan kinerja rata-rata 46% untuk semua kelas jabatan. Berikut tabel perbandingannya

 perbandingan tunjangan kinerja polri lama dan baru

Dilihat dari tabel perbandingan di atas, jika nantinya perpres benar-benar disetujui, nominal kenaikan tertinggi terjadi pada pegawai POLRI di grade 18 yang naik sebesar 4,3 juta. Persentase kenaikan tunjangan kinerja terjadi untuk pegawai di grade 2, naik hampir 100%. Kita tunggu saja update terbaru proses penyesuaian dan pemberian tunjangan POLRI tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *