Persiapan Pensiun Dini, Sudah Siapkah Anda?

Segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN harus sudah mempersiapkan masa pensiun baik nantinya akan memilih pensiun pada usia normal atau pada saat pensiun dini. Persiapan pensiun dini penting sekali untuk dilakukan mengingat hal inilah yang sering menghantui Pegawai Negeri Sipil di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu ini.

persiapan pensiun dini

Pensiun dini adalah pemberhentian kerja seorang pegawai negeri sipil maupun karyawan swasta yang belum mencapai masa usia pensiun. Bagi seorang PNS, ia bisa mengajukan pensiun dini dengan pilihan tanpa hak pensiun maupun dengan hak pensiun. Jika telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku seorang PNS bisa memilih pensiun dini dengan tetap memperoleh hak penisun. Untuk di unit private atau swasta, pensiun dini bisa terjadi baik karena permintaan dari pegawai itu sendiri maupun dalam rangka efisiensi sebuah perusahaan. Di beberapa negara pensiun dini terjadi pada rentang usia 45 – 50 tahun. Pada usia tersebut tentu saja masih ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika harus menghadapi pensiun dini.

Namun pada kenyataannya banyak pegawai yang terlalu sibuk berkutat dengan pekerjaannya sehingga mereka lupa untuk mempersiapkan diri mereka ketika harus menghadapi pensiun dini. Inilah yang menjadi sebuah kekhawatiran tentang apa yang harus mereka lakukan ketika masa tersebut datang. Mereka khawatir tidak akan ada lagi pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, khawatir akan masa depan anak dan keluarga yang tidak menentu, dan khawatir karena mereka tidak benar-benar melakukan Persiapan pensiun dini dengan baik.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini ada beberapa tips dalam mempersiapkan masa pensiun bagi Anda.

Baca Juga : Syarat pensiun dini bagi PNS

Mempersiapkan usaha sampingan selama masih bekerja

Tips dalam mempersiapkan pensiun dini yang pertama adalah mempersiapkan usaha sampingan selama Anda masih bekerja. Usaha yang dijalankan tidak harus mengganggu pekerjaan utama Anda, karena Anda masih tergantung dengan pekerjaan tersebut. Di lain sisi pekerjaan tersebut adalah sebuah amanah yang sudah diberikan kepada Anda, oleh sebab itu Anda harus menjaga integritas dan menjalankannya dengan baik. Memulai usaha sampingan tidak harus dalam skala besar. Hal yang terpenting adalah usaha bisa berjalan dengan lancar. Kelak ketika masa pensiun sudah tiba, usaha ini bisa lebih dikembangkan lagi.

Mengisis waktu luang dengan kegiatan yang bisa menghasilkan uang

Jika Anda memiliki keahlian dan minat khusus dalam bidang tertentu, manfaatkan hal tersebut dengan baik agar bisa menghasilkan uang. Pilihlah kegiatan yang Anda sukai agar tidak terasa berat ketika menjalaninya. Salah satu contoh adalah merancang busana. Jika Anda mempunyai keahlian dan ketertarikan dalam hal ini, Anda dapat menjual baju rancangan Anda dengan membuka butik atau sebuah toko pakaian.

Bekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan dalam menghadapi masa pensiun

Persiapan mental sangatlah penting dalam menghadapi pensiun dini. Persiapkan diri Anda dalam menghadapi hal tersebut dengan membekali diri Anda dengan keterampilan dan pengetahuan praktis. Dengan begitu rasa khawatir ketika harus menghadapi masa pensiun akan dapat diatasi. Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam rangka Persiapan pensiun dini agar Anda tidak perlu khawatir lagi ketika harus menghadapinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.



One Response to “Persiapan Pensiun Dini, Sudah Siapkah Anda?”
  1. Wied Efect September 9, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *