PNS Diminta Untuk Lebih Pandai Bersyukur

PNS hrs pandai bersyukur ternyata menjadi sesuatu yang banyak disorot di berbagai daerah, apalagi kesan PNS sebagai salah satu pekerjaan yang dapat menjanjikan masa depan yang cerah, bahkan bisa dianggap sebagai jaminan mendapatkan gaji yang cukup banyak, membuat banyak orang bersedia melakukan apa saja untuk menjadi PNS, dan mereka yang telah menjadi PNS terkadang kurang bijak dalam menggunakan gaji yang mereka dapatkan.

Hal ini berdasarkan beberapa fakta dilapangan yang menyebutkan bahwa ternyata cukup banyak PNS yang memiliki hutang di Bank, bahkan gajinya habis hanya untuk membayar hutang akibat gaya hidup yang berlebihan, baik karena penggunaan kartu kredit, cicilan barang yang menumpuk, atau pinjaman uang cash di Bank untuk berbagai keperluan.pns harus pandai bersyukur

Bahkan menurut Ahmad Bahtiar yang menjabat sebagai Sekda Indramayu pada Pos Kota “Jangankan PNS biasa, saya juga masih ada hutang di bank” ucapnya. Namun yang terpenting baginya yang bersangkutan harus lebih bijak dalam mengatur keuangan mereka dan uang pinjaman dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan yang mendesak, misalanya untuk biaya pendidikan buah hati, dan yang lainnya. Dan jangan sampai uang pinjaman digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya belum terlalu diperlukan atau hanya untuk meningkatkan gaya hidup seperti membeli mobil, tas dan sepatu mahal atau untuk berlibur ke luar kota bahkan keluar negeri. Hal ini akan membuat Anda terjebak oleh sebuah peribahasa yang berbunyi “besar pasak dari pada tiang” yang artinya lebih besar pengeluarannya daripada pendapatan.

Baca Juga : Suka dua menjadi PNS

PNS hrs pandai bersyukur dan mengendalikan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan, dimanapun strata PNS harus pandai mengatur keperluan rumah tangga, mengelola uang (gaji bulanan) dengan baik, dan tidak mudah tergoda untuk memiliki berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, karena PNS memiliki penghasilan yang tetap, tidak seperti pengusaha yang penghasilannya bisa didapat setiap hari dengan besaran yang bervariasi, sebagai abdi negara PNS juga diharapkan bisa menjadi contoh dan tauladan yang baik di masyarakat, jangan sampai status PNS yang disandangnya malah menjerumuskannya ke dalam gaya hidup yang keliru.

Diharapkan juga kepada lembaga keuangan baik negeri maupun swasta agar memberikan pinjaman dengan menghitung jumlah pinjaman dan angsuran maksimal 30% dari jumlah gaji PNS setiap bulan, dan sebaiknya jangan diberikan pinjaman apabila sudah memiliki pinjaman di tempat lain, agar PNS yang memiliki hutang masih bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan aman.

PNS merupakan abdi negara yang banyak disorot oleh masyarakat, bahkan jangan sampai karena gaya hidup yang berlebihan, Anda di isukan menerima suap atau korupsi. Maka dari itu sebaiknya PNS menjadi pribadi yang lebih bersahaja dan memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sosial maupun masyarakat, bukan berarti menjadi PNS tidak boleh kaya atau bergaya, akan tetapi harus sesuai pendapatan dan pengeluaran, dan untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang maka diharapkan PNS hrs pandai bersyukur.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *