PNS Wajib Daftar E-PUPNS

Form daftar EPUPNS sudah resmi dibuka sejak tanggal 1 September 2015. Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwajibkan untuk melakukan registrasi pendaftaran ulang.

EPUPNS sendiri merupakan program pemerintah guna mendata ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh wilayah Indonesia. Dimana pendataan ulang PNS memang akan dilakukan menggunakan kiat atau sistem elektronik di seluruh wilayah Indonesia.

PNS Wajib Daftar  E-PUPNS

Seluruh PNS di wilayah Indonesia wajib daftar ulang melalui e-PUPNS

BKN atau Badan Kepegawaian Negara mengumumkan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapat kewajiban untuk melakukan pendaftaran ulang. Hal ini dijalankan sesuai dasar Peraturan Kepala BKN no.19 tahun 2015 mengenai Pedoman Pelaksanaan Pendataan ulang PNS dengan memanfaatkan sarana elektronik pada tahun 2015. Ketetapan ini juga sudah diatur dalam prosedur dan juga cara di dalam mengisi e-PUPNS.

Baca Juga : Bagaimana Jika e-PUPNS Error?

PNS yang tidak daftar ulang dikenai sangsi

Bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memang tidak bersedia melakukan daftar ulang, nantinya akan dikenakan sangsi yang berupa ancaman. PNS yang tidak melakukan daftar EPUPNS akan diberi sangsi diberhentikan atau dipensiunkan. Sebagai salah satu contoh ketika PNS tidak mengikuti daftar ulang melalui e-PUPNS 2015, maka kedepannya PNS tersebut otomatis tidak akan tercatat di dalam database Aparatur Sipil Negara atau ASN di BKN.

Registasi EPUPNS dibuka awal September 2015

Registrasi e-PUPNS sendiri sudah dimulai sejak 1 September 2015 yang lalu dan ditutup pada tanggal 31 Desember 2015. Adapun pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau PU-PNS sendiri lebih ditujukan untuk pemutakhiran data Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena PU-PNS ini dilaksanakan dari sistem online elektronik, sehingga nantinya pada EPUPNS akan tercatat beberapa hal penting seperti yang ada dibawah ini, yaitu:

  1. Daftar Riwayat Hidup dari PNS terkait.
  2. Nama Lengkap PNS.
  3. Tanggal Lahir PNS.
  4. Ijazah Pendidikan Formal milik PNS terkait.
  5. Legalitas Ijazah yang dimiliki PNS terkait.
  6. Sertifikat kursus beserta sertifikat pelatihan.
  7. Jumlah gaji yang diterima PNS terkait.
  8. Jabatan dan juga kepangkatan.
  9. Keluarga PNS.
  10. Tanda Jasa Kepangkatan yang didapat oleh PNS terkait.
  11. BPJS.
  12. Bapertarum.
  13. KPE.
  14. Pengalaman Organisasi PNS terkait.
  15. Penghargaan yang peernah diterima dan lain sebagainya. Misalnya saja yang berhubungan dengan data-data pribadi PNS maupun Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Baca Juga : Batas Akhir e-PUPNS

Jadi, jika Anda merupakan seorang PNS atau CPNS maupun orang tua dan atau anggota keluarga lain yang tinggal dekat dengan Anda sekarang ini menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil, maka akan lebih baik untuk segera menyempatkan diri mengunjungi tempat atau situs yang sudah disediakan sebagai wadah daftar EPUPNS sebelum waktu penutupan yang jatuh pada tanggal 31 Desember 2015.



3 Responses to “PNS Wajib Daftar E-PUPNS”
  1. JOHN October 13, 2015
  2. ERNIDA October 22, 2015
    • wikipns October 23, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *