POSISI dan Besaran Gaji Pegawai BRI

Gaji pegawai bank BRI terbilang cukup besar. Sehingga bekerja di bank milik pemerintah ini, menjadi idaman banyak orang. Setiap ada lowongan selalu dipenuhi oleh para pelamar, yang sebagian besar adalah sarjana. Berbagai posisi bisa dipilih, sesuai dengan latar belakang pendidikan dan minat Anda. Tertarik ingin menjadi bagian dari pegawai BRI?

Rekruitmen karyawan yang ketat

Bagi fresh graduated, tidak perlu takut untuk melamar di bank pemerintah ini. Karena  dibuka kesempatan bagi mereka yang baru menyelesaikan studinya. Meskipun tanpa pengalaman bekerja sebelumnya. Sejumlah rangkaian tes dan wawancara, harus dilalui. Supaya bagian HRD bisa melihat potensi pelamar dan memberikan kesempatan untuk bergabung dengan BRI.

Proses rekruitmen di BRI sangat ketat, berbagai persyaratan harus ditempuh, agar pelamar kerja bisa diterima sebagai salah satu karyawannya. Persiapan yang matang, akan memperbesar peluang seseorang, bisa menempati posisi tertentu di bank ini. Setelah diterima, tentunya harus menunjukkan kinerja terbaik. Agar karir semakin gemilang dan terus mendapatkan promosi jabatan ke jenjang yang lebih tinggi.

gaji pegawai bri

Pegawai BRI meimiliki gaji tinggi

Baca Juga : Gaji Pejabat OJK

Selalu bekerja dengan profesional

Gaji besar memang menggiurkan, tapi Anda juga harus membekali diri dengan kemampuan memadai. Supaya lebih mudah diterima oleh BRI, yang memiliki cabang di seluruh Indonesia. Hampir di setiap kecamatan, terdapat kantor cabangnya. Besaran gaji tentunya tergantung dari pendidikan, posisi atau jabatan dan masa kerjanya. Tetapi mulai dari level paling rendah, gaji di BRI tetap terbilang besar.

Bank akan menjalankan bisnisnya dengan mengumpulkan dana, kemudian menyalurkannya ke masyarakat. Berbagai transaksi perbankan lain, juga menjadi sumber penghasilan bagi bank. Keuntungan yang didapatkan terbilang besar, sehingga berimbas kepada gaji karyawannya yang relatif tinggi, jika dibandingkan dengan perusahaan atau bank lainnya.

Profit yang diperoleh bank, berasal dari bunga pinjaman, biaya administrasi bulanan nasabah, berbagai transaksi seperti kliring dan sebagainya. Penghasilan dari investasi dan beragam produk bisnis lainnya, juga turut menyumbang pundi-pundi pendapatannya. Jadi semakin banyak nasabahnya, semakin besar pula profitnya.

Supaya operasional bank bisa berjalan dengan lancar dan terus mengalirkan laba, para karyawannya dituntut bekerja secara profesional. Mereka harus memberikan etos kerja terbaik dan pelayanan prima kepada seluruh nasabahnya. Kepercayaan dan loyalitas yang tinggi, yang diberikan oleh nasabah, agar membuat bank semakin besar dan sukses.

Berbagai produk perbankan disiapkan oleh manajemen. Supaya bisa menjaring seluruh komponen masyarakat sebagai nasabah setianya. Tidak hanya bagi masyarakat yang tinggai di perkotaan saja, tapi juga yang berada di pedesaan. Mulai pebisnis kecil, menengah hingga level atas. Mereka semua adalah target penting bagi bank pemerintah ini.

Sejumlah level jabatan di BRI

Secara umum, terdapat beberapa level jabatan yang diterapkan di Bank Rakyat Indonesia. Seperti accounting and finance, middle office credit, level back office corporate actions, level settlements dan general operation. Mungkin selama ini, yang familiar dan sering Anda jumpai adalah posisi teller dan customer service. Kedua jabatan ini memang menjadi garda depan di setiap kantor bank.

Teller bertugas melayani setoran dan pengambilan tunai. Sedangkan customer service, membantu nasabah baru untuk membuka rekening bank dan melayani pengaduan nasabah. Pelayanan yang ramah dan sabar, selalu diberikan. Sehingga nasabah merasa nyaman dan diperhatikan dengan baik. Sehingga seluruh kebutuhan nasabah bisa terpenuhi, dengan sangat memuaskan.

Pada umumnya, gaji pegawai bank BRI yang paling rendah adalah posisi customer service. Sedangkan untuk gaji yang paling tinggi adalah mereka yang menempati posisi sebagai manajer. Sistem pengupahan di setiap bank berbeda, meskipun sama-sama merupakan bank milik pemerintah. Begitu pula, dengan gaji karyawan BRI, setiap stafnya sudah mendapatkan gaji tertentu sesuai kebijakan bank.

Sebagai gambaran mengenai besaran gaji pegawai BRI, untuk karyawan baru yang baru lulus kuliah, setidaknya mendapatkan gaji sekitar 3,8 jutaan rupiah. Sedangkan untuk posisi manajer, biasanya bisa membawa pulang gaji sebesar 20 jutaan rupiah per bulannya. Masa kerja dan jenjang pendidikan, bisa mempengaruhi besaran gajinya.

BRI biasanya mensyaratkan karyawannya minimal sudah lulus S1 atau sarjana. Penempatan sumber daya ini, berdasarkan pada kebutuhan bank dan disinergikan dengan kemampuan karyawannya. Karena BRI mempunyai cabang hingga ke pelosok Nusantara, siapkan diri untuk mau ditempatkan dimana saja. Pengabdian ini juga bisa mempengaruhi besaran gaji pegawai bank BRI.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *