Prosedur Penggatian Kartu Pegawai Hilang

Prosedur Penggatian Kartu Pegawai Hilang – Namanya barang kecil, ukurannya pun sebesar kartu atm, wajar saja kalau kemudian karena suatu hal kartu tersebut hilang. Pertanyaannya adalah bagaimana prosedur untuk penggantian kartu pegawai yang hilang? Jika rekan-rekan mengalami kehilangan kartu pegawai baik yang elektronik/tambahan maupun Karpeg yang lama tidak perlu panik, ada prosedur dan sop untuk mengganti Kartu Pegawai yang hilang. Prosedunya bisa anda lihat di bawah ini:

kartu pegawai elektronik hilang

Prosedur Penggantian Karpeg Hilang

  1. Langkah pertama yang harus anda lalukan adalah mendatangi kator kepolisian terdekat (polsek/polres) untuk membuat surat keterangan kehilangan kartu pegawai tersebut. Surat ini sebagai bukti resmi bahwa kartu pegawai kita benar-benar hilang.
  2. Buat laporan ke instasi dan sampaikan permohonan penerbitan Kartu Pegawai yang baru dengan melampirkan surat keterangan kehilangan yang telah dibuat dengan melengkapi berkas administrasi berupa:
    – Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian setempat ( asli );
    – Foto Copy KPE (jika ada)
    – Foto Copy SK CPNS
    – Foto Copy SK PNS
    – Foto Copy Pangkat Terakhir dan;
    – Foto Copy Jabatan Terakhir
  3. Jika kebetulan yang hilang adalah Kartu Pegawai Elektronik (KPE) dan/atau KPE pengganti yang juga berfungsi sebagai kartu ATM dari rekening penerima gaji maka segera laporkan kepada bank terkait untuk dilakukan pemblokiran agar dana di ATM aman.

    Baca juga : Apa itu Kartu Pegawai Elektronik

  4. Segera buat laporan kehilangan ke Bank agar dapat dibuatkan kartu ATM sementara untuk keperluan pengambilan uang sampai dengan KPE yang baru jadi.
  5. Bank nantinya akan menerbitkan kartu ATM sementara yang menggantikan fungsi KPE dengan nomor rekening yang sama. Jadi rekan-rekan tetap dapat mengambil gaji.
  6. Unit kerja rekan-rekan kemudian akan mengusulkan penerbitana kembali KPE kepada BKN.
  7. Badan Kepegawaian Negara akan memproses permohonan penerbitan KPE sesuai dengan SOP di sana. Setelah selsesai KPE akan diserahkan kepada PNS yang bersangkutan melalui instansi. Dari instansi biasanya membuat berita acara serah terima KPE)
  8. Ketika rekan-rekan sudah menerima KPE yang baru segera laporkan ke Bank untuk dapat dilakukan proses personalisasi fungsi ATM ke kartu pegawai yang baru. Selah proses personalisasi selesai pihak bank akan menyerahkan kembali karpeg tersebut.

SOP Penggantian Kartu Pegawai Yang Hilang

 Berikut bagan SOP instansi untuk penggantian kartu yang hilang.

SOP kartu pegawai hilang

Prosese di instansi biasanya relatif singkat sedangkan proses di BKN biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, mengingat load pekerjaan di sana. Ketentuan mengenai Penggantian Kartu pegawai yang hilang ini diatur dalam Keputusan Deputi Inka BKN No.26/KEP/INKA/IV/2013 Tanggal 8 april 2013 tentang SOP Implementasi KPE. Di dalam Kep Deputin Inka BKN tersebut juga diatur tentang prosedur perubahan data di kartu pegawai.

Sekian rekan-rekan informasi bagaimana prosedur penggantian kartu pegawai yang hilang. Segera lakukan prosedur di atas jika rekan-rekan mengalami kehilangan kartu pegawai. Jika ada yang pernah punya pengalaman menarik tentang penggantian kartu pegawainya yang hilang bisa di sharing di kotak komentar di bawah. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *