Sambilan PNS untuk Menambah Penghasilan

Sambilan PNS untuk Menambah Penghasilan – Banyak orang bilang “Kalau mau kaya jangan jadi PNS”. Pendapat tersebut ada benarnya tapi kadang masih kurang tepat. Kalau kita sebagai PNS hanya mengandalkan berbagai komponen THP dari kantor seperti gaji, tunjangan, uang makan, dan sebagainya bisa dipastikan kita ngga bisa sekaya orang lain yang berprofesi sebagai karyawan di perusahaan multinasional atau seorang pengusaha. Misalkan bagi seorang pelaksana dengan gaji sebulan 5 juta sebulan maka dalam satu tahun hanya mendapatkan 60 juta dan dalam 12 bulan hanya mendapatkan 720 juta. Nominal ini masih belum dikurangi dengan pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Jadi dengan menjadi PNS apalagi PNS di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, seseorang bisa dibilang kecil kemungkinannya untuk menjadi kaya.

Akan tetapi jangan salah ada juga PNS yang bisa kaya, yaitu PNS yang punya sambilan sebagai tambahan penghasilan. Sudah terbukti banyak pegawai negeri sipil yang memberanikan diri merintis usaha sambilan kecil-kecilan ternyata malah lebih menghasilkan dari pada bekerja seharian di kantor. Sambilan yang dipilih tentu saja sambilan yang halal dan diperbolehkan sesuai aturan bukan sambilan dari hasil korupsi di tempat ia bekerja. Jika anda seorang PNS dan sedang mencari ide-ide untuk menambah penghasilan, berikut ini beberapa pilihan sambilan menarik untuk mendapatkan tambahan pemasukan:

sambilan pns penambah penghasilan

a. Catering Kecil-Kecilan

Jika anda seorang PNS yang punya kelebihan jago masak usaha sambilan catering bisa jadi pilihan yang menarik. Ada banyak peluang yang bisa anda temukan di kantor. PNS sering kali mengadakan rapat atau acara tetentu yang memerlukan snack, minum, atau makan berat. Rapat saja bisa terjadi setiap hari, terutama di kantor-kantor pusat kementerian di kota-kota besar. Anda dapat mulai menawarkan catering anda untuk kosumsi rapat atau acara-acara tertentu di kantor anda. Anda dapat mulai dari menyediakan snack untuk rapat atau konsumsi berat untuk makan siang atau makan malam.

b. Jasa Percetakan

PNS yang jago desain bisa mencoba berbisnis percetakan. Caranya sangat mudah, jika anda belum punya mesin cetak pribadi anda bisa menjual jasa desain anda dan mencetaknya di percetakan luar. Mulai mempromosikan usaha anda ini dari kantor anda dulu kemudian berlanjut dalam lingkup yang lebih luas menggunakan berbagai media sosial seperti fanspage FB, twitter, blog, pinterest, dan lain-lain. Anda dapat mengerjakan desainnya di malam hari sepulang kantor dan menghubungi percetakan untuk masalah printing dan kirim.

c. Jualan Online via Blog atau FB

Jualan online tidak akan memerlukan waktu yang banyak dan tenaga yang besar sehingga cocok untuk dijadikan sambilan bagi seorang PNS. Anda dapat menjual berbagai barang seperti pakaian, mainan anak, produk elektronik, dan berbagai macam jasa. Anda dapat melayani para pembeli via media oneline di sela-sela pekerjaan anda sebagai PNS di kantor. Di pagi atau siang harinya anda bisa menerima order dan di sore hari dan malam anda bisa packing dan delivery. Jika anda memiliki orang di rumah yang dapat membantu jualan, itu akan sangat membantu. Agar sambilan PNS ini bisa berjalan sukses cobalah untuk membuka jaringan seluas mungkin dan jangan malu untuk menawarkan barang atau jasa anda ke rekan kerja di kantor.

d. Jadi Seorang Blogger

Jangan salah, hobi anda menulis bisa jadi lahan tambahan penghasilan yang menjanjikan. Sambilan PNS ini juga tergolong sangat mudah dikerjakan dan bisa dilakukan di sela-sela waktu setelah pulang kantor. Cobalah membuat blog/website yang menyediakan informasi yang bermanfaat. Jika anda PNS carilah tema-tema yang anda kuasai dan ada resource yang cukup banyak. Tema PNS pun adalah salah satu tema yang banyak pencarinya di google. Jadi anda bisa menuliskan berbagai hal termasuk apa yang anda kerjakan di kantor.

Setelah blog/website ramai, anda bisa mendaftarkan untuk jadi partner perikalan seperti google adsense, PPC lokal, afiliasi, atau bisa jadi media jualan produk anda sendiri. Banyak teman-teman PNS yang mampu menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar dari sambilannya ngeblog.

e. Menajar Bimbel/ Kursus

Sambilan PNS satu ini sangat menarik terutama bagi anda PNS yang punya kelebihan ilmu seperti ilmu bahasa, matematika, dan sebagainya. Bagi anda seroang PNS guru anda bisa memanfaatkan ilmu yang anda punya untuk membuka bimbingan belajar kecil-kecilan di rumah. Bagi yang punya keahlian khusu seperti bahasa inggris, jepang, keahlian desain, programming, menjahit, dan sebagainya jangan takut untuk coba menwarkan ilmu anda ke orang-orang terdekat melalui bimbel atau kursus.

f. Beternak atau Budidaya

Jika anda punya lahan kosong di sekitar rumah, jangan biarkan lahan tersebut sia-sia. Anda dapat menggunakannya untuk lokasi ternak atau budidaya berbagai ternak atau tanaman yang bisa dijual. Anda dapat membudidayakan ternak seperti ayam petelur, ayam pedaging, burung puyuh, lele, ikan, atau membudidayakan beraneka tumubuhan yang bisa dijual seperti jamur, anggrek, cabai, dan sebagainya. Sambilan PNS ini bisa anda kembangkan dengan menjualan produk turunan dari hewan ternak atau tumbuhan yang di budidayakan.

Sebenarnya masih banyak lagi sambilan PNS yang bisa dilakukan. Selagi ada peluang dan anda punya suber dayanya, jangan ragu untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Selagi halal kenapa tidak. Syukur-syukur suatu hari nanti hasil dari sambilan kita bisa melebihi apa yang dibawa pulang dari kantor. Aamiin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *