Seleksi CPNS 2015 Ditangguhkan

Seleksi cpns 2014 dengan menggunakan sistem CAT masih sangat teringat bagi sebagian besar peserta. Melaui sistem baru tersebut, transparansi penjaringan cpns dinilai lebih baik dan maju. Apalagi ketika peserta bisa langsung melihat total skor setelah usai mengerjakan soal. Hal ini mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kemurnian pemerintah.

Pada tahun sebelumnya, pendaftaran cpns 2014 dilaksanakan secara online melalui website panselnas. Dengan begitu peserta seleksi CPNS tidak dapat mendaftar dobel. Kebijakan ini mengingat adanya fenomena di beberapa daerah di mana banyak peserta yang mendaftar di dua bahkan tiga tempat sekaligus. Namun ketika terjadi kejadian di terima di dua tempat, si peserta pun meninggalkan salah satu di antaranya. Mereka rela membayar uang denda untuk bisa menjadi PNS di salah satu wilayah yang positif menerimanya.

Untuk calon peserta seleksi CPNS 2015 hendaknya lebih bersabar. Memang tidak ada masalah untuk membuka website panselnas 2015. Namun untuk kejelasan seleksi cpns 2015 belum ada kepastian info dari pemerintah. Pasalnya, tahun ini seleksi penerimaan CPNS baik dari golongan tenaga honorer maupun golongan umum ditiadakan pada tahun 2015. Tahun 2015 difokuskan pada upaya penghitungan kebutuhan PNS pada masing-masing bidang dan wilayah sehingga tidak terjadi penggelembungan pegawai. Pemerataan PNS di berbagai wilayah pun sangat diharapkan oleh pemerintah. Maka, pemerintah tidak ingin gegabah dan berniat untuk menghitung ulang jumlah kebutuhan pegawai.

Andai kejadian ini benar-benar terjadi, mengambil poin-poin positif adalah hal terbaik. Secara tidak langsung pemerintah memberi kesempatan bagi calon peserta seleksi cpns 2015 untuk mempersiapkan lebih baik lagi. Khususnya bagi calon peserta yang “belum dekat” dengan komputer atau laptop. Mengingat seleksi cpns dilaksanakan melalui sistem CAT, maka hal pertama yang harus dipelajari adalah mahir mengoperasikan komputer. Jangan sampai karena salah “klik”, seorang peserta mengalami kerugian. Adapun untuk materi yang perlu diujikan dapat dipelajari baik secara online maupun offline dengan mempelajari buku soal-soal yang banyak beredar di masyarakat.

Perlu diketahui, pendaftaran cpns secara online seperti yang dilaksanakan pada pendaftaran cpns 2014 sebenarnya memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi sebagian peserta. Karena setiap peserta hanya bisa mendaftar satu kali, maka peserta “wajib” berhati-hati. Sebagai contoh berhati-hati dalam memilih formasi. Tidak sedikit peserta yangs alah memilih formasi. Formasi yang seharusnya dipilih penyelenggara Pemerintah Kota …… , salah diketik Kementerian ……. padahal berdasarkan ijazah terakhir yang dimiliki tidak sesuai dengan formasi yang dipilih. Hal-hal sepele seperti ini sangat perlu diperhatikan karena sekali mendaftar seorang peserta tidak diperbolehkan mendaftar kembali.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *