Seleksi CPNS Jalur Formasi Khusus SM3T

2015 merupakan tahun kedua  seleksi CPNS “Formasi Khusus” bagi Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal (SM3T). Formasi khusus memang diberikan KemenpanRB hanya untuk orang-orang istimewa, yang berasal dari tempat istimewa dan tesnya pun juga istimewa. Dalam hal ini peserta SM3T yang tersusun dalam formasi “guru” memiliki kesempatan besar untuk mengikuti seleksi CPNS FK.

SM3T adalah program khusus inovasi pemerintah untuk menempatkan para sarjana pendidik muda di daerah-daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggil). Program SM3T dimulai pada tahun 2012. Sejak saat itu putra-putri terbaik bangsa mengikuti tes untuk pengabdiannya di daerah-daerah istimewa seperti Aceh, NTT, dan Papua. Dalam perjalanannya mereka dibiayai pemerintah. Peserta SM3T juga mendapat tunjangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di lokasi pengabdian. Namun bukan itu yang menjadi bagian penting dari kegiatan kemanusiaan ini. Banyak hal yang diperoleh peserta SM3T di luar tunjangan. Justru melalui program ini peserta SM3T telah banyak belajar tentang kehidupan.

cpns sm3t

Pemerataan pendidikan yang selama ini digaung-gaungkan pemerintah tampaknya tergambar dalam program SM3T. sarjana-sarjana berkualitas dikirim ke pelosok untuk memperbaiki pendidikan di sana. Tidak hanya pendidik, guru-guru muda ini juga menginspirasi anak-anak di daerah untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

Jalan yang ditempuh peserta SM3T juga tidak mudah. Bnayak di antara mereka yang harus tinggal jauh dari signal, listrik, dan juga air. Mereka berjalan berkilo-kilo meter untuk sampai di tempat mengajar. Sementara para pengajar ini sudah bersemangat, justru mereka menemukan hal-hal di luar dugaan setelah sampai di ruang tempat menimba ilmu. Maka, tidak salah jika pemerintah mengambil keputusan untuk membuka formasi khusus seleksi CPNS bagi ex-peserta SM3T.

Salah satu keistimewaan tes FK SM3T adalah para peserta hanya berjuang dengan peserta yang relative lebih sedikit dibandingkan jalur seleksi CPNS umum. Hal ini dikarenakan salah satu poin yang emnjadi syarat adalah peserta pernah mengikuti SM3T dan lulus PPG. Jadi tidak semua orang bisa mengikuti seleksi ini.

Pada tahun 2015 ada 1000 lowongan yang akan diperebutkan oleh peserta SM3T. Formasi-formasi itu adalah Guru Bahasa Indonesia Pertama untuk SMP, SMK, dan SMA, Guru Biologi Pertama untuk jenjang SMA, Guru SMP Pertama untuk jenjang SMP, Guru Kelas SLB Pertama (SLB), Guru Seni Budaya Pertama untuk jenjang Pendidikan Menengah Pertama, Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan, Guru Teknik Elektronika Pertama untuk SMK dan terakhir adalah Guru TK PAUD Pertama.

Ada dua tahap seleksi yang harus ditempuh para peserta. Pertama, Tes Kompetensi Dasar (TKD) melalui CAT CPNS. Peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus akan menempuh tahap kedua yaitu Tes Kompetensi Bidang. Ketika pendaftaran peserta dapat memilih tiga daerah dengan jabatan yang sama.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *