SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) Gaji

Ketika seorang PNS mengalami mutasi ke ke tempat tugas yang berbeda dimana unit yang beru tersebut ditangani oleh KPPN yang berbeda atau jika seorang PNS pensiun maka ada dokumen yang diterbitkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang disebut dengan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran atau lebih popular disebut dengan SKPP. Menurut butir 22 pasal 1 PER-37/PB/2009 tentang Petunjuk teknis Pengalihan Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai disebutkan bahwa:

“Surat Keterangan Penghentian Pembayaran yang selanjutnya disingkat dengan SKPP adalah surat keterangan tentang terhitung mulai bulan dihentikan pembayaran gaji yang dibuat/dikeluarkan oleh Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna ANggaran berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang dan diketahui oleh KPPN setempat.”

SKPP berupa surat keterangan yang berisikan informasi bulan dihentikan pembayaran atas gaji yang diterbikan kepada PNS atas dasar produk hukum berupa surat keputusan yang diterbitkan oleh Satker atau Kementerian/Lembaga. Surat keterangan ini ditandasahkan oleh Kepala KPPN setempat sebagai bukti pegawai yangb bersangkutan dalam database KPPN tersebut telah dipindahkan atau telah dimasukkan dalam kategori pegawai nonaktif.

SKPP

Apa Tujuan Pembuatan SKPP?

Pembuatan SKPP bertujuan agar pembayaran gaji pegawai yang pindah bisa dibayarkan oleh KPPN satker terbaru dan bagi yang pensiun pembayaran pensiun bisa dilakukan oleh pihak PT Taspen.

Dasar Hukum SKPP

Ketentuan tentang SKPP diatur dengan Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-37/PB/2009 tanggal 12 Agustus 2009 Tentang Petunjuk Teknis Pengalihan Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai Negeri Sipil Pusat Kepada Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga pasal 15.

Setiap pegawai yang berdasarkan surat keputusan pejabata yang berwenang dipindahkan ke Satuan Kerja lain baik yang mengakibatkan perubahan KPPN pembayara maupun tetap pada KPPN yang sama dan/atau pegawai yang memasuki pensiun wajib diterbitkan SKPP menggunakan Aplikasi GPP Satker dengan ketentuan sebagai berikut:

1. SKPP Pegawai Pindah diterbitkan dan ditandatangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran dalam rangkap 4(empat) dengan  penjelasan:

  • lembar pertama untuk pegawai yang bersangkutan untuk dilampirkan pada saat pengajuan gaji pertama kali ditempat baru.
  • lembar kedua untuk Satuan Kerja yang baru, dilamiri dosir kepegawaian dan ADK Pegawai Pindah.
  • lembar ketiga untuk KPPN asal sebagai pertinggal.
  • lembar keempat untuk pertinggal Satuan Kerja yang bersangkutan

2. SKPP Pegawai Pensiun diterbitkan dan ditandatangani oleh Kuasa Pengguna  Anggaran dalam rangkap 5 (lima) dengan penjelasan:

  • lembar pertama dan kedua untuk PT Taspen (Persero).
  • lembar ketiga untuk pegawai yang bersangkutan.
  • lembar keempat untuk KPPN sebagai pertinggal.
  • lembar kelima untuk pertinggal satker kerja yang bersangkutan.

Jenis-Jenis SKPP

Berdasarkan penyebab penerbitannya SKPP dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu

a. SKPP Pindah

Jenis SKPP ini diberikan kepada pegawai yang pindah ke Satker lain baik dengan perubahan KPPN maupun tidak, pegawai yang pindah tugas dari atau ke luar negeri, dan pegawai yang diperbantukan atau dipindahkan ke daerah otonom, pegawai dipindahkan antar instasi atau kementerian/lembaga.

b. SKPP Pensiun

SKPP ini diterbitkan ketika seorang pegawai diberhentikan dengan hormat dengan syarat mendapatkan hak pensiun atau menerima uang tunggu, atau pegawai yang meninggal dunia.

Contoh Format SKPP

Berikut contoh formas SKPP dalam bentuk gambar dan dalam format word.

 



4 Responses to “SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) Gaji”
  1. andi December 21, 2015
    • wikipns December 21, 2015
  2. purnama January 2, 2016
    • wikipns January 4, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *