Smart Card Inovasi PT.Taspen Bagi Pensiunan

Wacana terdekat PT. Taspen akan membuat inovasi baru berupa kartu yang diberi nama “Smart Card” atau kartu pintar. Melalui kartu ini PT. Taspen berharap kesejahteraan pensiunan PNS semakin meningkat. Ya, smart card memang diciptakan khusus untuk para pensiun. Artinya, setelah memasuki masa pensiun pegawai akan menerima sebuah kartu yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Jika berjalan sesuai rencana, kartu pintar karya PT. Taspen itu dapat digunakan untuk memperoleh diskon tiket kereta api, berbelanja di swalayan, dan menonton film bioskop. Perolehan diskon yang diterima para pensiunan diharapkan dapat menambah kesejahteraan abdi negara di masa istirahatnya.

Inovasi yang dilakukan PT. Taspen perlu diapresiasi. Pasalnya, kartu baru ini dapat memenuhi kebutuhan para  purnawan.  Pelayanan publik yang semakin purna merupakan bentuk tanggung jawab negara terhadap nasib orang-orang yang puluhan tahun mengabdikan diri kepada diri. Setelah bertahun-tahun melaksanakan tugas di SKPD masing-masing sudah sewajarnya mantan abdi negara itu memperoleh fasilitas kemudahan di berbagai hal.

Berdasarkan penjelasan Dirut PT. Taspen, bentuk smart card dibuat kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Manfaatnya pun ganda. Smart card bisa menjadi kartu diskon sekaligus kartu pelayanan kesehatan. Namun untuk merealisasikan grand desain PT. Taspen ini tidak mudah. Perlu adanya partisipasi dan kerja sama dari berbagai pihak seperti bank dan tempat-tempat belanja. Perjalanan smard card masih cukup panjang. Jika lancar, smart card baru bisa digunakan sekitar tahun 2017. Adapun saat ini baru mencapai 60% dari tahap proses yang dijalani.

Sampai saat ini PT. Taspen masih mendata pelayanan-pelayanan yang dibutuhkan pensiunan. PT. Taspen berharap smard card yang dibuatnya tepat guna dan mudah digunakan. Jangan sampai setelah menerima smard card justru banyak pegawai yang tidak paham cara menggunakannya. Jangan sampai juga smard card tidak tepat guna karena tujuan utama smard card adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para pensiunan di masa pensiunnya. Jika kegunaan smard card tidak sesuai dengan kebutuhan dikhawatirkan penerbitan smard card hanya menjadi hal yang cuma-cuma.

Beberapa hal yang sangat dibutuhkan para pensiunan adalah fasilitas kesehatan dan hiburan. Dalam berbagai kondisi sering kita mendengar kata-kata “Kesehatan itu mahal harganya”. Hal itu sangat tepat. Maka perlu juga bagi para pensiunan untuk mencegah dari berbagai penyakit. Cara mencegahnya pun beraneka ragam. Salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah fasilitas pijat. Menskipun terkesan sederhana, tapi pijat banyak dibutuhkan para pensiunan. Di usianya yang lanjut, otot sangat mudah lelah. Selain olahraga, pijat dapat membantu  merefresh badan yang lelah.

Selain kesehatan, fasilitas lain yang sangat dibutuhkan adalah hiburan. Contohnya, menonton bioskop dan wacana wisata. Jika smart card bisa memberikan diskon bioskop bagi para pensiunan, maka para kakek dan nenek bisa menraktir anak dan cucunya. Ya, kehadiran smard card sudah sangat ditunggu oleh pensiunan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *