Syarat Guru Calon PNS Terbaru

Penetapan syarat guru calon PNS (Pegawai Negeri Sipil) sejak tahun 2016 sudah tidak akan lagi sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena pemerintah sudah merancang syarat tahapan untuk dapat menjadi guru PNS bukan hal yang mudah. Para calon guru sekarang ini akan terlebih dahulu dikirim ke wilayah terpencil untuk kemudian mengikuti pendidikan sekaligus pelatihan di asrama.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya seseorang yang telah menyelesaikan kuliah selama empat tahun akan dapat mendedikasikan dirinya menjadi guru tanpa perlu diseleksi menjadi PNS. Kemudian calon guru baru akan mengikuti sertifikasi yang memberikan mereka kesempatan mendapatkan tunjangan profesi. Sehingga mulai tahun depan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan status guru PNS, terlebih lagi tunjangan profesi.

Guru sebagai pengajar harus difilter sejak awal

Syarat Guru Calon PNS TerbaruDalam konsep Kemenristek Dikti sendiri tidak boleh demikian. Karena guru memang seharusnya dari awal sudah difilter. Dimana kandidat yang tidak benar-benar hebat nantinya tidak akan masuk dalam seleksi karena pada dasarnya tidak sembarangan orang bisa menjadi guru.

Rekrutmen guru sendiri akan dimulai dengan terlebih dahulu menyaring para calon guru melalui dua sistem filter di tahun 2016. Tahapan pertama yaitu setiap calon guru diwajibkan mengikuti kegiatan Sarjana Mendidik di wilayah Terdepan Terluar, Terpencil (SM3T). Para calon guru juga nantinya akan ditempatkan di sekolah-sekolah terpencil selama satu tahun. Ini menjadi syarat guru calon PNS yang pastinya cukup berbeda dibandingkan dengan syarat-syarat yang ada sebelumnya.

Akses khusus tes seleksi dan biaya hidup

Selain bisa mendapatkan akses secara khusus untuk melaksanakan tes seleksi formasi guru PNS, para calon guru juga diberikan biaya hidup terhitung selama waktu penempatan. Kemudian setelah calon guru mengabdi di wilayah 3T, maka setiap calon guru akan diasramakan di LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan) selama satu tahun. Adapun program yang satu ini dinamakan PPG (Pendidikan Profesi Guru).

SM3T melatih kepedulian sosial terhadap sesama

Kedua konsep yang disebutkan diatas memang dengan sengaja dilakukan karena pengabdian calon guru selama menjadi guru SM3T untuk dapat mengasah kepedulian sosial kepada sesama. Jika hanya mendapatkan pelatihan selama ada di LPTK saja, maka setiap calon guru hanya mampu menyentuh sisi profesional serta kemampuan pedagogik saja. Bukan hanya itu, guru yang sudah mengikuti PPG sendiri sangatlah signifikan untuk memberikan pelajaran yang jauh lebih baik kepada para siswa dibawah bimbingannya.

Jadi, setelah melihat persyaratan seleksi calon guru untuk dapat menjadi PNS apakah Anda memang semakin bersemangat untuk mendaftar sebagai guru PNS? Tentu saja jika Anda memiliki minat yang besar untuk menjadi guru PNS, maka silahkan penuhi syarat guru calon PNS yang ada di atas.



One Response to “Syarat Guru Calon PNS Terbaru”
  1. Wied Efect October 2, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *