Tips Lolos Tes CPNS

Untuk lolos dalam tes seleksi CPNS sebenarnya tidak ada tips khusus yang bisa ditempuh calon peserta. Apalagi cara-cara lewat jalur belakang yang sudah barang tentu tidak “halal” untuk diimplementasikan dalam seleksi ini. Mengingat gaji yang akan kita terima akan mengalir dalam darah anak dan keluarga kita tercinta. Tentu hal-hal baiklah yang harus dilakukan tanpa secuil pun melakukan tindak-tindak kecurangan. Baik dengan cara “menyogok” atau bentuk kecurangan-kecurangan lainnya.

Jika teman-teman ingin lolos seleksi CPNS yang akan datang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Mengetahui jadwal pendaftaran seleksi CPNS

Jadwal seleksi CPNS biasanya akan tertera pada website lembaga penyelenggaran maupun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing kota/provinsi. Info dari kedua sudut inilah yang harus dipercaya oleh calon peserta. Selama ini banyak website yang menampilkan jadwal seleksi CPNS 2015 dan jadwal seleksi CPNS 2016. Padahal, dari KemenpanRB sendiri belum menentukan kapan seleksi itu akan dilaksanakan. Maka, kita harus pandai-pandai memilah dan memilih info yang lebih bisa dipercaya.

2. Menyiapkan lampiran persyaratan administrasi sesuai pada tahun sebelumnya

Persyaratan administrasi yang dipersyaratkan pada tahun sebelumnya bisa menjadi acuan awal bagi calon peserta yang ingin menyiapkan berkas sejak ini. Hal ini mengantisipasi jika jadwal seleksi CPNS resmi tiba-tiba turun dan calon peserta ingin mendaftarkan seleksi CPNS di luar kota atau bahkan luar pulau. Agar tidak terpontal-pontal kawan-kawan dapat menyiapkan berkas-berkas yang bisa dicicil. Seperti menyiapkan ijazah yang sudah dilegalisasi oleh perguruan tinggi.

3. Mengisi formulir pendaftaran online secara hati-hati

Jika jadwal pendaftaran seleksi CPNS sudah turun, peserta dapat langsung mendaftar secara online. Calon peserta harus tahu betul pada website mana dirinya bisa mendaftar. Jangan sampai calon peserta mendaftar pada website yang salah. Tidak hanya kejelasan website, pengisian pada masing-masing kolom juga harus hati-hati. Mengingat yang digunakan dalam pendaftaran adalah Nomor Induk Keluarga (NIK). Sekali memasukkan NIK maka NIK tersebut tidak dapat digunakan untuk mendaftar pada formasi lain. Formasi yang dipilih pun harus diperhatikan dengan seksama. Karena tidak jarang karena tergesa-gesa dan salah mengarahkan kursor, seseorang bisa menge-klik yang bukan menjadi formasi tujuannya.

4. Rajin membelajari soal-soal CAT di komputer

Mempelajari soal-soal CAT di komputer secara langsung dengan membaca buku tentu sangat berbeda. Seseorang yang tidak terbiasa mengoperasikan komputer akan merasa “asing” untuk menggerakkan mouse, apalagi untuk menjawab soal. Konsentrasi akan terpecah menjadi dua antara komputer dan memikirkan jawaban. Penggunaan otak secara bersamaan akan menurunkan kemampuan otak. Artinya, kemampuan untuk menyelesaikan soal-soal dengan baik akan terganggu. Maka dari itu, memegang dan mengoperasikan soal CAT pada komputer sangat penting dilakukan.

5. Meminta doa restu orang tua

Doa orang tua memang di luar teknis penyelesaian soal-soal tes CPNS. Namun secara rohani dan nonmaterial, restu orang tua memiliki peran yang sangat besar. Restu orang tua adalah restu Tuhan. Jika orang tua mendoakan langkah kita dalam mengikuti seleksi CPNS, maka Tuhan juga akan memberikan kemudahan.

6. Hindari calo

Menghindari calo adalah hal wajib. Mengapa? Mempercayai janji manis calo gadungan sama halnya memperbodoh diri sendiri. Tujuan menjadi PNS adalah mengabdikan diri, bukan memanjakan diri.

Inilah enam hal yang dapat menjadi refensi jika teman-teman hendak ikut berperang dalam seleksi CPNS 2015 maupun seleksi CPNS pad atahun-tahun berikutnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *