Tips Menabung bagi PNS Bergaji Kecil

Cara Menabung bagi PNS Bergaji Kecil – PNS menerima gaji dan tunjangan setiap bulannya. Jumlah dari gaji dan tunjangan tersebut berbeda-beda untuk setiap PNS karena beragam faktor seperti pangkat, masa kerja, remunerasi, dan sebagainya. PNS di instansi A dengan masa kerja dan pangkat yang sama akan sangat mungkin berpenghasilan berbeda dengan PNS yang bekerja di Instansi B.

Baca : Remunerasi PNS 2015

Siapa bilang yang bisa menabung hanya PNS yang gaji dan remunerasinya sudah tinggi. Gaji dan tunjangan rendah bukan menjadi alasan yang menghalangi kita menabung. Bagi anda PNS yang nominal gajinya masih dibilang cukup rendah, berikut kami berikan beberapa tips untuk dapat menabung meskipun gaji anda tidak terlampau tinggi tersebut.

1. Rencanakan Belanja, Jangan Sporadis

Dengan gaji anda yang sekarang cobalah tengok belanja anda setiap bulannya. Dari belanja yang sudah anda lakukan selama ini apakah sudah menggunakan perencanaan yang baik. Jangan menghabiskan gaji PNS anda yang untuk sesuatu yang “Anda Sukai”.Cobalah taruh porsi yang lebih besar pada barang belanjaan yang benar-benar dibutuhkan bukan diinginkan atau disukai.

Mulailah merencanakan belanja gaji anda secara periodik dengan menggunakan catatan tertulis. Setelah itu coba isqomah dengan apa yang sudah ditulis. Dengan cara tersebut anda bisa menghemat beberapa pos pengeluaran untuk ditabung.

cara menabung bagi PNS gaji Kecil

Tetap Menabung Meski PNS Bergaji Kecil

2. Beli Barang Yang dibutuhkan Lalu Rawat dengan Baik

Di era jula beli ofline dan online yang semakin marak, anda harus lebih lebih teliti ketikan membelanjakan gaji untuk membeli sebuah barang. Belilah barang yang anda butuhkan. Tidak ada salahnya jika anda membeli barang bekas atau barang yang cacat sedikit tetapi dengan harga yang jauh lebih murah. Banyak produk di pasar yang hanya cacat sedikit pada kemasan yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Setelah membeli barang tersebut rawatlah dengan baik. Misalnya payung yang telah anda belidan gunakan di musim penghujan tahun ini simpanlah dengna baik karena masih bisa dipakai untuk tahun depan.

3. Jangan Gengsi kalau Tidak Jajanin Rekan Kantor

Ini mungkin kebiasaan baik tapi harus tehu kondisi keuangan kita. Sebagai seorang PNS pasti sering diajak jalan makan bareng sama rekan-rekan kantor. Nah saat itu ada aja pasti perasaan gengsi kalau tidak jadi subjek yang bayarin makan. Hati-hati dengan gengsi kita. Akan lebih baik kita bayar makanan mereka ketika rejeki kita sedang berlebih. Mereka senang dan kitapun ikhlas. Kalau memang sedang tidak adan uang lebih, BS BS saja alias bayar sendiri-sendiri.

4. Jangan Pakai Kartu Kredit

Jika tidak untuk keperluan yang bersifat produktif seperti usaha, dengan gaji PNS yang pas-pasan sebaiknya anda tidak mengambil kartu kredit. Kartu Kredit akan membuat anda tidak bisa menabung. Ketika anda memiliki kartu kredit, anda akan semakin mudah dan gampang mengeluarkan uang dengan hanya menggesek sebuah kartu saja. Ini belum termasuk bunga dan biaya administrasi yang harus anda bayar setiap bulannya. Cara terbaik adalah menggunakan uang berbentuk cash.

5. Gowes atau Jalan Kaki Ke Kantor

Jika kantor tempat anda berdinas tidak terlalu jauh dari rumah atau kontrakan anda bisa berangkat ke kantor dengan jalan kaki atau naik motor untuk menghemat pengeluaran. Seorang PNS guru bisa saja kok berangkat ke sekolah jalan kaki bareng anak didiknya. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk kemudian ditabung, cara ini bisa jadi saran olah raga yang menyehatkan. Anda tidak perlu gengsi, tidak ada salahnya dicoba.

6. Naik Mobil Jemputan Kantor

Di beberapa unit kerja PNS ada fasilitas yang namanya mobil jemputan kantor. Jika rumah anda jauh, fasilitas ini bisa jadi solusi jitu mengurangi pengeluaran transport pulang pergi kantor. Uangnya bisa anda tabung. Namun demikian, jika anda naik mobil jemputan kantor anda tidak bisa lembur dan harus pulang “teng – Go”.

7. Nebeng Kendaraan Rekan Kerja di Kantor

Anda punya rekan kerja PNS di unit yang sama? Cobalah untuk nebeng rekan kerja tersebut jika ia naik motor atau naik mobil sendirian. Andan bisa patungan beli bensin dan gantian bawa motor atau mobilnya. Cara cerdik ini bisa membantu anda menabung  setiap bulannya.

8. Bisnis Sampingan di Sela-sela Kesibukan

Ada banyak waktu luang yang dimiliki PNS terutama PNS di daerah atau PNS Guru. Nah dengan waktu luang yang terbilang banyak cobalah ide-ide untuk memulai bisnis kecil-kecilan seperti membuat kue, jual pulas, jadi agen asuransi, dan sebagainya. Dengan adanya tambahan penghasilan bisa jadi nantinya semua gaji dari kantor akan langsung masuk tabungan. Akan tetapi jangan lupa, bisnis anda sebagai PNS tidak boleh mengganggu kewajiban dan kinerja anda di kantor.

Baca Juga : Alternatif Bisnis Online PNS

9. Kurangi Kebiasaan Makan Di Luar

Sesekali makan di luar (di restoran) mungkin baik untuk mengusir stress dari pekerjaan kantor. Akan tetapi jika anda PNS yang telah berkeluarga, sebaiknya lebih sering makan di rumah untuk menghemat pengeluaran. Makan di luar bisa menghabiskan uang 2-5 kali lebih banyak dibanding makan di rumah. Uang tersebut lebih baik anda masukkan di pos tabungan.

10. Bawa Bekal Makan Pagi atau Siang Istri Tercinta

Membawa bekal makan pagi atau siang dari rumah akan sangat menghemat pengeluaran anda di kantor. Tidak hanya itu, cara ini bisa menjadi sebuah romantisme anda dengan istri di rumah. Uang yang biasanya digunakan untuk makan pagi atau siang di warung atau di kantin bisa anda tabung untuk keperluan lain. Jika rumah anda dekat dengan kantor, makan siang di rumah juga bisa jadi cara yang tepat menghemat pengeluaran gaji. Itulah tadi 10 hal yang bisa dilakukan oleh seorang PNS untuk dapat menabung lebih optimal meski dengan gaji yang tidak begitu besar setiap bulannya. Selamat Mencoba.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *