Urutan Masa Kerja PNS

pnsSeorang Calon Pegawai Negeri Sipil penting untuk mengetahui titik-titik yang harus ditempuh selama menjadi PNS. Dengan mengetahui lebih awal, maka seseorang akan lebih siap dalam pengembangan karir yang lebih baik. Adapun tahap-tahap itu adalah sebagai berikut.

Masa Pengadaan CPNS

Masa pengadaan CPNS adalah masa pendataan formasi CPNS yang kosong. Kekosongan formasi CPNS bisa dilatarbelakangi oleh PNS yang pensiun, meninggal, dan perluasan organisasi. Penentuan formasi CPNS disesuaikan pada kebutuhan masing-masing kementerian maupun daerah. Maka jumlah formasi yang dikeluarkan pada setiap tahunnya sangat memperhatikan jumlah kebutuhan dan kemampuan penyelenggara dalam pemberian gaji. Proses pengadaan CPNS tidak memandang suku, agama, ras, maupun adat. Bahkan seseorang bisa mendaftar di daerah lain tanpa tersandung masalah asal daerah yang tertera dalam kartu tanda Penduduk (KTP). Syarat-syarat pengadaan CPNS dapat dipelajari pada Pedoman Pengadaan CPNS. Untuk tahun 2015 pengadaan CPNS melalui seleksi sistem CAT.

Masa Percobaan (CPNS)

Masa percobaan (CPNS) terhitung sejak SK CPNS dikeluarkan oleh BKD setempat. Sekurang-kurangnya satu tahun dan paling lama dua tahun. Bila terjadi keterlambatan, maka masa percobaan terhitung dari Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT). CPNS yang telah melaksanakan tugas lebih dari 2 tahun tapi sudah memenuhi syarat pengangkatan PNS tapi karena ada halangan sehingga terlambat maka akan tetap diperbolehkan diangkat asalkan alasan keterlambatan itu

  1. Terlambat diklat pra jabatan
  2. Terlambat ujian kesehatan
  3. Kesalahan administrasi

Masa Peninjauan Masa Kerja

Masa peninjauan masa kerja didasarkan oleh PP Nomor 11 tahun 2002 pasal 13. Ada kalanya seseorang yang diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah pernah bekerja di instansi pemerintah atau di tempat swasta yang berbadan hukum baik itu dalam negeri maupun perusahaan asing. Instansi yang masa kerjanya diakui contohnya anggota DPR RI, gubernur, dokter tidak tetap, dan perangkat desa. Sedangkan baggi karyawan BUMN masa kerja akan dihitung setengah jika berada pada perusahaan berbadan hukum minimal 1 tahun yang tidak terputus.

Masa Kerja Golongan

Perhitungan mas akerja golongan didasarkan pada PP Nomor 15 tahun 2012 tentang Gaji Pokok PNS. Sistem gaji yang digunakan di Indonesia adalah sistem perhitungan masa kerja segaris. Sistem segaris artinya masa kerja golongan II jika ditarik garis lurus pada golongan III akan berkurang lima tahun.

Masa kerja golongan sangat dipengaruhi oleh kenaikan golongan PNS. Banyak mks = mkg jika seorang pegawai diangkat menjadi CPNS pada golongan III.

Lalu apa yang disebut dengan kenaikan gaji berkala?

Kenaikan gaji berkala adalah kenaikan gaji PNS setiap dua tahun sekali. Biasanya untuk golongan I dan II pada masa kerja ganjil sedangkan golongan III dan IV pada masa kerja  genap.

Masa Kerja Seluruhnya

Masa kerja seluruhnya adalah masa kerja terhitung dari seseorang diangkat sebagai CPNS sampai yang bersangkutan mencapai Batas Usia Pensiun, meninggal dunia, atau cuti.

Masa Pensiun

Batas usia pensiun PNS saat ini adalah lima puluh enam tahun. Seorang PNS dapat pensiun dini jika sekurang-kurangnya berusia 50 tahun dan memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 tahun. Masa pensiun mulai berlaku ketika pegawai tersebut mendapat SK pensiun.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *