Urutan Pangkat dan Golongan PNS

Urutan Pangkat dan Golongan PNS РKadang, atau mungkin sering penyakit kita sebagai PNS itu salah satunya lupa dengan nama pangkat kita sendiri. Kalau golongan  dan ruang mungkin rekan-rekan semua sudah hafal golongan-golongan dan ruang PNS terutama golongannya sendiri. Namun demikian, kalau diminta menyebutkan pangkat, kita sering lupa atau kebolak balik. Mana yang juru, mana yang pengatur, mana yang penata dan mana yang pembina.

Pangkat, Golongan, dan Ruang

urutan pangkat PNS

Kita kebanyakan masih bingung mengartikan dan membedakan apa itu pangkat, apa itu golongan, dan apa itu ruang. Kita kadang hanya menyebutkan pangka golonga, padahal ada juga yang namanya ruang. Yang namanya pangkat itu seperti Pengatur Muda, Pengatur, Pendata, dan sebagainya. Sedangkan yang disebut golongan adalah golongan I, golongan II, golongan III, dan yang terakhir adalah golongan IV. Ruang contohnya seperti a, b, c, d, dan e. Nama pangkat adalah sebutan untuk suatu gologan dan ruang tertentu. Misalnya pegawai di golongan II ruang c atau dikeanl dengan II/c memiliki pangkat Pengatur. Contoh lain PNS golongan III ruang A (III.A) disebut dengan Penata Muda dan seterusnya.

Pangkat Golongan Ruang Lengkap
Penata Muda III a Penata Muda – III/a

Dalam karir PNS dikenal ada 4 golongan, golongan I disebut juru, golongan II disebut pengatur, golongan III disebut penata, dan golongan IV disebut dengan Pembina. Untuk ruang ada a, b, c, d untuk setiap golongan dan khusus untuk golongan IV ada ruang e. Penyebutan adanya pangkat, golongan, dan ruang ini pertama kali ada di Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil tertanggal 10 November 2000. Di dalam lampiran ini disebutkan bahwa urutan pangkat dan golongan PNS adalah sebagai berikut:

Tabel urutang pangkat, golonga, dan ruang PNS

Nama Pangkat
Golongan
Ruang
GOLONGAN IV (Pembina)
Pembina Utama
IV
e
Pembina Utama Madya
IV
d
Pembina Utama Muda
IV
c
Pembina Tingkat I
IV
b
Pembina
IV
a
GOLONGAN III (Penata)
Penata Tingkat I
III
d
Penata
III
c
Penata Muda Tingkat I
III
b
Penata Muda
III
a
GOLONGAN II (Pengatur)
Pengatur Tingkat I
II
d
Pengatur
II
c
Pengatur Muda Tingkat I
II
b
Pengatur Muda
II
a
GOLONGAN I (Juru)
Juru Tingkat I
I
d
Juru
I
c
Juru Muda Tingkat I
I
b
Juru Muda
I
a

Jangan lupa ya rekan-rekan untuk diingat kembali mengenai jenis-jenis pangkat di PNS seperti yang kami sampaikan di atas. Pengetahuan sederhana ini bisa jadi akan sangat bermanfaat dalam karir kalian semua. Terutama buat rekan-rekan di unit pengelola SMD jangan sampai salah menyebutkan nama pangkat dan golongan pegawainya. Semoga sukses.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *